Patrick Kluivert: Karakter Frenkie De Jong Sempurna Untuk Barcelona

Frenkie De Jong berposisi natural geladang bertahan atau gelandang tengah namun tak canggung berperan sebagai center-back.

Sepakbola.com, Amsterdam – Mantan pesepa bola FC Barcelona berkebangsaan Belanda, Patrick Kluivert, yakin karakter permainan Frenkie de Jong sangat cocok dengan filosofi bermain Barcelona. Mantan striker yang mencetak 91 gol dan 45 assist di LaLiga Spanyol itu menilai De Jong punya orientasi menyerang yang sesuai di Camp Nou.

De Jong telah menyelesaikan transfernya ke Barcelona yang bernilai 75 juta Euro. Nilai transfernya berpotensi naik menjadi 86 juta Euro jika ditambah bonus. Meski telah menandatangani kontrak di Barca, De Jong akan tetap berkostum Ajax Amsterdam hingga akhir musim 2018-2019.

Kluivert tentu tak asing dengan kemampuan De Jong mengingat ia punya pengalaman menangani akademi Ajax pada 2016. Dan dalam sebuah wawancara eksklusif bersama LaLiga, pria Belada keturunan Suriname itu menjelaskan pendapatnya mengenai alasan De Jong akan sukses di Barceona.

“[Frankie de Jong] sebagai pemain yang sangat lihai. Ia selalu memukau para penggemarnya. Saat ini dia berusia 21 tahun, tapi saya sudah bisa melihat potensinya sejak dia bermain di tim junior Ajax.”

“Kekuatan dan kemampuannya menguasai bola terlihat saat dia diberi kesempatan untuk menerima bola dan ia dapat langsung menentukan ke mana arah bola akan ia bawa. Dia selalu melihat titik vertikal ke arah pemain tengah, gelandang, atau striker.”

“Ketika dia mendapatkan bola di kakinya dan mendapat celah, dia bergerak sangat cepat dalam gerakan vertikal (ke depan). Jadi menurut saya, dia adalah pemain yang tepat untuk Barcelona. Dia akan bermain dengan cara yang bisa dinikmati oleh para penggemar Barcelona. Dia adalah pemain yang sempurna untuk bergabung dengan Barcelona.”

Fleksibel dan serba guna

Frenkie de Jong yang bergabung pertama kali di akademi Willem II menjelma menjadi pemain multi fungsi. Posisinya di lini tengah bisa bergeser dari gelandang bertahan menjadi gelandang tengah. Ia bahkan bisa bermain menjadi benteng di lini pertahanan. Dalam 33 penampilan untuk Ajax Amsterdam musim ini, Frenkie de Jong 18 kali tampil sebagai gelandang bertahan, 10 kali di posisi gelandang tengah dan lima kali sebagai bek tengah.

Pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Real Madrid, De Jong berduet bersama Lasse Schone menjadi poros ganda dalam formasi 4-2-3-1 yang dimainkan Ajax.

[VIDEO] CUPLIKAN GOL Ajax Amsterdam 1-2 Real Madrid: Tampil Agresif, Ajax Tetap Kalah

Meski kalah, De Jong dan Ajax tampil bagus dan mampu mengimbangi permainan sang jawara bertahan Liga Champions. bahkan, Ajax secara statistik unggul tipis dalam penguasaan bola dan jumlah total percobaan meski banyak yang tak menemui sasaran. De Jong mencatat persentase umpan akurat sebesar 88,4 persen dan membuat dua intersepsi dan satu clearance.

Komentari Artikel Ini