Pindah Ke Espanyol, Maradona Dari Tiongkok Ditonton 40 Juta Orang

Sepakbola.com, Villarreal – Pertandingan tandang  Espanyol ke markas Villarreal di La Liga menarik lebih dari 40 juta penonton televisi di Cina, mereka berharap bisa menyaksikan pendatang baru di klub Catalan tersebut.

Espanyol mengontrak Wu Lei dari Shanghai SIPG – pemain yang dijuluki Maradona dari Tiongkok karena penampilannya yang cukup menonjol di Chinese Super League di usianya yang memasuki 27 tahun.

Wu Lei tampil sebagai pemain pengganti ketika Espanyol bermain imbang 2-2 melawan Villarreal, tetapi pertandingan ini ditonton banyak orang. Di Spanyol pertandingan hanya menarik 177.000 penonton, tetapi di luar negeri terutama di Asia penonton televisi pertandingan ini memludak.

Surat kabar Spanyol Marca mengatakan total penonton untuk 17 pertandingan La Liga hanya menjaring tujuh juta penonton tv. Tapi pemain dengan harga 1,8 juta poundsterling (sekitar Rp32 miliar) tersebut tampaknya menjadi gebrakan luar biasa oleh Espanyol dalam meningkatkan profil mereka di Tiongkok.

Espanyol juga berhasil menjual 2.000 jersey replika dengan nama dan nomor punggung Wu Lei. Semua terjual habis dalam waktu 48 jam setelah pengumuman transfernya. Dilihat dari media sosial mereka, ada peningkatan penggemar sebesar 20.500 di luar China.

Wu Lei sangat produktif di SIPG, dia mencetak 27 gol di liga domestik dari 29 laga. Produktivitasnya sudah terlihat sejak musim lalu, ketika mencetak 20 gol dari 28 pertandingan. (Sumber: talksport.com)

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini