[VIDEO] Mengenang Aksi Gordon Banks Saat Gagalkan Peluang Pele Di Piala Dunia 1970

Sepakbola.com – Gordon Banks, yang meninggal dunia dalam usia 81 tahun pada 12 Februari 2019, merupakan komponen kunci dalam keberhasilan Inggris memenangkan Piala Dunia, dengan mengalahkan Jerman Barat pada final di Wembley pada 30 Juli 1966.

Namun, momen yang menentukan dalam karier kiper legendaris itu, terjadi empat tahun kemudian ketika Inggris Sir Alf Ramsey berangkat ke Meksiko untuk mempertahankan status juara bertahan Inggris.

Tepatnya di pada 7 Juni 1970 di Guadalajara, Banks melakukan sebuah penyelamatan luar biasa ketika menggagalkan peluang Pele, hingga membuatnya dipertimbangkan sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah sepak bola.

Saat itu Inggris menghadapi Brasil dalam pertandingan fase grup, duel yang disebut-sebut sebagai pertemuan dua tim terbaik Piala Dunia 1970.

Meski saat itu Tim Samba yang menang berkat gol tunggal Jairzinho, namun momen ikonik dari laga itu adalah aksi brilian Gordon Banks saat menggagalkan peluang Pele.

Berawal dari umpan kapten Brasil saat itu Carlos Alberto dari sayap kanan, bola ke tiang jauh disambut oleh Pele yang memenangkan duel udara lawan Tommy Wright. Namun Banks dengan sigap mementahkan peluang yang hampir pasti menjadi gol itu.

Dalam sebuah wawancara, Pele mengaku sudah teriak ‘Gol’ saat menanduk bola. Namun ia menegaskan entah bagaimana caranya Banks menepis bola dengan tangan kanannya.

Ketika masih aktif bermain, Stoke City menjadi salah satu klub yang paling melekat dengan Banks. Ia sempat memperkuat The Potters dalam dua periode berbeda yakni 1967-1971 dan di tahun 1972.

Sejak menjadi juara di Piala Dunia 1966, Inggris belum pernah lagi mengulangi prestasi serupa hingga saat ini. Hal itu turut membuat kenangan publik Inggris terhadap Banks tetap melekat kuat hingga saat ini. (Sumber: BBC Sport)

Komentari Artikel Ini