[VIDEO] Bintang Muda Lille Dianggap Lebih Hebat Dari Ronaldo Saat Masih Remaja

Sepakbola.com, Lille – Bintang muda Lille, Rafael Leao, dianggap lebih baik daripada Cristiano Ronaldo ketika ia masih menjadi pemain akademi di klub Portugal Sporting CP.

Leao meninggalkan Sporting CP setelah 10 tahun bersama atau sejak masih di akademi. Ia bergabung dengan Lille dengan status bebas transfer musim panas 2018 dan tampil luar biasa sejauh ini.

Pemain berusia 19 tahun itu sudah mencetak enam gol di Ligue 1 musim ini, dengan lima gol di antaranya terjadi dalam enam pertandingan terakhirnya di liga utama Prancis. Striker muda itu telah dipuji oleh presiden Lille Gerard Lopez dengan sebutan Kylian Mbappe versi Portugal, tapi mantan pelatihnya Tiago Fernandes membandingkannya dengan bintang lain.

Mantan pelatih tim akademi Sporting CP itu mengatakan Leao seharusnya dipromosikan ke tim senior lebih awal, karena ia tampak lebih menjanjikan daripada pemenang Ballon d’Or lima kali, Cristiano Ronaldo.

“Saya mendorong [pelatih Sporting] Jorge Jesus saat itu, untuk membawanya ke tim utama dan saya berkata kepadanya bahwa Gelson Martins memang memiliki bakat, tetapi Rafael adalah pemain terbaik dalam sejarah akademi di sana. Di tingkat remaja, dia lebih baik daripada Cristiano Ronaldo,” katanya kepada L’Equipe.

“Dia hanya perlu ‘klik’ dan bisa menjadi pemain yang menentukan bagi timnya. Ada pemain yang jika mereka memaksakannya, justru tak akan berujung dengan baik selamanya. Masalah besar yang dia miliki adalah rasa puas diri,” tambahnya.

Leao, yang sudah tampil lima kali untuk tim nasional Portugal adalah pengagum besar Ronaldo. Ia menuturkan bintang Juventus itu sebagai panutan.

“Yang terbaik di dunia adalah Cristiano Ronaldo. Dia pemain yang telah membuat karier sukses dengan banyak kerja keras, dan seperti saya datang melalui akademi Sporting. Ia merupakan contoh yang bagus untuk diikuti,” katanya.

“Saya tahu bahwa saya harus banyak belajar dan sikap serta komitmen saya adalah dasar untuk mencapai impian saya. Saya masih muda dan saya tidak terburu-buru untuk melakukannya,” pungkas Leao. (Sumber: Goal, L’Equipe)

 

Penulis: Andrie Widyantoro
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini