3 Alasan Klub Inggris Berpeluang Besar Juara Liga Champions Musim Ini

Sepakbola.com – Untuk pertama kalinya sejak musim 2008-09 empat klub Inggris lolos ke perempat final Liga Champions. Chelsea adalah klub Inggris terakhir yang juara Liga Champions, saat mereka mengalahkan Bayern Munich dengan skor 4-3 melalui adu penalti di musim 2011-12.

Pekan lalu, Tottenham dan Manchester United mengalahkan lawan mereka dan, minggu ini, Manchester City menghancurkan Schalke 04 dengan skor 7-0, sementara Liverpool mengalahkan Bayern dengan skor 3-1 di Jerman. Berikut adalah tiga alasan mengapa ini mungkin menjadi peluang terbaik bagi klub Inggris untuk memenangkan panggung sepak bola terbesar Eropa.

Kurangnya tim favorit

Liga Champions belakangan ini didominasi oleh tim Spanyol. Barcelona atau Real Madrid telah memenangkan kompetisi ini 7 kali dalam 10 tahun terakhir. Namun kali ini, hanya Barcelona yang menjadi wakil di perempat final dari Spanyol. Sementara Real Madrid telah tersingkit di babak 16 besar oleh Ajax.

Ini mungkin pertama kalinya dalam beberapa musim terakhir tidak adanya tim paling favorit untuk mengangkat gelar, atau terbilang cukup merata. Juventus terlihat rentan di leg pertama melawan Atlético Madrid, meski kemudian gemilang pada leg kedua di kandang sendiri. Sementara Barcelona terlihat jauh dari meyakinkan dalam pertandingan pertama mereka melawan Lyon. Mereka hanya bisa mendapatkan hasil imbang tanpa gol di leg pertama, dan harus bergantung pada kecemerlangan Lionel Messi untuk memenangkan leg kedua.

Ini memberi indikasi bahwa kompetisi masih terbuka lebar, dan ini mungkin tahun ketika kita bisa melihat kebangkitan juara baru.

Kehadiran empat tim di delapan besar

Setengah dari delapan klub di perempat final musim ini berasal dari Inggris, yang menunjukkan jika mereka tidak saling berhadapan di perempat final, maka ada kemungkinan semifinal akan dihuni oleh tim Premier League. Terakhir kali final Liga Champions mempertemukan dua klub Inggris adalah pada musim 2007-08. Saat itu Chelsea dan Manchester United bertemu di Moskow, dan Setan Merah mengalahkan Chelsea dengan skor 6-5 melalui adu penalti.

Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana undian akan berlangsung, dan pendukung di Inggris akan berharap tim mereka tidak bertemu satu sama lain di babak perempat final.

Dominasi dua klub ‘on fire’

Performa yang dibuat oleh Manchester City dan Liverpool di babak 16 besar melawan Schalke dan Bayern, adalah pesan bagi klub lain tentang betapa mematikannya mereka di bagian akhir musim ini.

Penampilan Manchester City di pertandingan melawan Schalke telah membuat mereka menjadi tim yang paling diperhitungkan di mata para pakar sepak bola dan bandar judi. Klub itu menghancurkan Schalke dengan skor 7-0 di leg kedua dan meraih keunggulan agregat 10-2 yang mengesankan. Pengalaman Pep Guardiola di tahap akhir kompetisi akan sangat membantu Manchester City untuk mengangkat gelar perdananya.

Di sisi lain, penampilan Liverpool yang menakjubkan melawan Bayern di leg kedua telah menarik perhatian semua pihak. Liverpool menghancurkan Bayern dengan skor 3-1 di Allianz Arena, dan pasukan Jurgen Klopp membuktikan bahkan tim besar seperti The Bavarian tak mampu menghentikan mereka. (Sumber: Sportskeeda)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini