3 Alasan Manchester United Diuntungkan Dengan Undian Lawan Barcelona

Sepakbola.com, Manchester – Manchester United dipertemukan dengan Barcelona di babak perempat final Liga Champions musim ini. Banyak yang menganggap Setan Merah tak punya peluang lawan Blaugrana.

Ini adalah pertemuan perempat final yang akan menarik perhatian pecinta sepak bola di seluruh dunia. Kedua pihak telah bertemu sebelumnya di Liga Champions, terutama di final 2008/09 dan 2010/11. Manchester United menjadi tim yang kalah di kedua kesempatan itu.

Karenanya banyak pendapat yang mengatakan Manchester United akan kembali terpuruk kali ini. Namun, bertentangan dengan persepsi di atas, The Red Devils sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan dengan berhadapan melawan Barcelona di Liga Champions, dan berikut adalah tiga alasannya.

Rekor lawan Barcelona dalam pertandingan dua leg

Terakhir kali kedua tim bertemu dalam pertandingan dua leg adalah di musim 2007/08. Setelah mengalahkan Roma di perempat final, Manchester United maju ke semi final menghadapi Barcelona yang sangat fantastis ketika itu.

Setan Merah mengamankan hasil imbang 0-0 yang sulit di leg pertama. Dan di leg kedua, Paul Scholes mencetak gol luar biasa untuk membuat Old Trafford bergemuruh. Dia melepaskan tendangan dari sekitar 30 meter dan berhasil menjebol gawang Barcelona. United memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 dan maju ke final, di mana mereka mengalahkan Chelsea untuk mengangkat trofi. Akankah terjadi deja vu kali ini?

Pertempuran taktik

Ini adalah pertemuan antara dua tim yang sama sekali berbeda. Manchester United memiliki tim muda, yang telah melepaskan diri dari belenggu mereka dan memainkan sepak bola menyerang yang indah. Lawan mereka adalah tim terbaik di Spanyol dan memainkan sepak bola fantastis yang khas.

Dengan demikian, ini adalah pertandingan yang akan berjalan dengan sangat menarik. Namun, meskipun ini terlihat seperti pertandingan yang sulit, bermain melawan Barcelona bisa memberikan keuntungan untuk United dari sudut pandang taktik.

Manchester United punya serangan balik cepat yang kerap mematikan lawan. Skema itu telah bekerja dengan baik selama paruh kedua musim ini jika melawan tim yang suka mempertahankan kepemilikan bola. Baru-baru ini, United mampu meraih kemenangan walau tak mendominasi ball possession saat lawan PSG di Paris. Oleh karena itu, sepak bola Barcelona yang berbasis penguasaan bola benar-benar dapat membantu United memainkan permainan alami mereka.

Keuntungan menjadi underdog

Tidak banyak yang memberi Manchester United peluang setelah undian babak 16 besar Liga Champions diumumkan. Paris Saint-Germain adalah tim yang jauh lebih unggul, dan mereka menjadi favorit ketika itu.

Tanpa Paul Pogba dan lima pemain tim utama, United pergi ke Paris dengan memegang defisit dua gol dari leg pertama. Namun mereka mampu tampil sangat baik untuk memastikan kemenangan tandang 3-1 dan mengejutkan dunia pada malam itu.

Setelah undian perempat final, sekali lagi United dipertemukan dengan salah satu favorit juara. Namun Manchester United tampaknya senang menjadi tim yang tidak diunggulkan. Status under dog bisa membuat mereka tampil lepas dan mengejutkan. Karena itu, siapa pun yang menganggap Manchester United sudah pasti tersingkir, mungkin akan melakukan kesalahan besar. (Sumber: Sportskeeda)

 

Penulis: Andrie Widyantoro
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini