5 Statistik Yang Membuktikan Messi Sedang Dalam Performa Terbaik

Sepakbola.com, Barcelona – Lionel Messi memberikan performa yang terbilang lebih baik dari musim lalu. Dia memecahkan beberapa rekor dan membantu Barcelona duduk di puncak klasemen La Liga sejauh ini dengan keunggulan tujuh poin dari posisi kedua Atletico Madrid.

Sebelumnya, Messi sudah membantu Barcelona memenangkan Supercopa di awal musim, menginspirasi timnya untuk melaju ke perempatfinal Liga Champions dan juga final Copa del Rey. Messi tampak berada di puncak performanya. Berikut 5 statistik yang menunjukkan Messi jauh meninggalkan saingannya.

5. Konsisten menjadi ancaman lawan

Meskipun tinkat mencetak golnya sering menjadi berita utama, kontribusi Messi tak hanya soal urusan gol. Pemain Argentina terus menerus menjadi ancaman di lapangan karena dia merusak benteng lawan dari mana saja dan statistik menunjukkan hal itu.

Rata-rata Lionel Messi sukses melakukan dribel 3,9 kali per pertandingan di La Liga dan 2,2 di Liga Champions. Tak ayal setiap kali dia menguasai bola, pemain bertahan akan gemetaran. Dia juga rata-rata memberikan operan kunci 3,6 per di Liga Champions dan 3 di La Liga.

4. Assist terbanyak di Eropa

Hanya beberapa pemain di dunia punya kemampuan memberi umpan seperti Lionel Messi. Yang membedakannya adalah kemampuannya terus-menerus membantu rekan setimnya untuk mencetak gol. Dia pemberi assist terbaik La Liga dalam 4 musim berbeda dan sekali lagi memimpin daftar assist di seluruh Eropa musim ini.

Messi mencatatkan 12 assist dari 25 penampilan di Liga, terbanyak di 5 liga top Eropa musim ini. Satu-satunya pemain yang mendekati adalah Eden Hazard dari Chelsea yang sudah memberikan 11 assist dari 28 penampilan di Liga Premier.

Messi juga memberikan 1 assist di Liga Champions, 3 di Copa Del Rey dan 1 di Supercopa, itu berarti Messi telah mengumpulkan 17 assist dari 35 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Sekali lagi, tidak ada pemain di Eropa yang mendekati angka ini.

3. Calon favorit peraih Golden Boot La Liga

Messi merupakan pesaing utama trofi Pichichi, gelar yang sudah lima kali dia menangkan. Messi memenangkan penghargaan ini di musim 2009/2010, 2011/2012, 2012/2013, 2016/2017 dan 2017/2018 dan tampaknya dia akan meraih yang keenam musim ini.

La Pulga sudah mencetak 26 gol dari 25 pertandingan musim ini dan meninggalkan jauh rival-rivalnya. Pemain terdekat dengan golnya Luis Suarez, rekan satu timnya di Barcelona yang telah mencetak 17 gol dari 26 pertandingan sejauh ini.

Messi juga telah mencetak 2 hattricks musim ini di La Liga dan telah mencatatkan 17 gol dari 13 pertandingan terakhirnya di Liga!

2. Gol per game

Lionel Messi mencetak gol untuk bersenang-senang dan musim ini juga seperti itu. Dia mencetak gol dari penalti, tendangan bebas yang sangat indah dan lob yang halus, semua dilakukannya dengan mudah. Ketika orang mempertanyakan kemampuannya, menyebut dia sebagai pemain “single skilled (hanya kaki kiri)” dia juga mencetak gol dengan kepala dan kaki kanannya.

Pemain Argentina telah belajar selama bertahun-tahun bahwa gol adalah bagian paling penting dari sepak bola dan dia konsisten mencetak gol sejauh ini dalam kariernya. Musim ini, Messi semakin memantapkan kecakapan mencetak golnya yang fantastis, rata-rata lebih dari satu gol per pertandingan di Liga Champions maupun La Liga.

Di Liga Champions, jimat Barcelona ini sudah mencetak 6 gol dari 5 penampilan, sementara di La Liga mencetak 26 gol dari 25 pertandingan. Messi juga mencetak 2 gol dari 4 penampilan di Copa Del Rey dan sekarang sudah mengumpulkan 34 gol dari 35 penampilan di semua kompetisi. Tidak ada pemain di seluruh Eropa yang mendekati statistik ini.

1. Terfavorit untuk Sepatu Emas Eropa

Lionel Messi sudah menciptakan sejarah musim lalu, dia menjadi pemain pertama yang memenangkan Sepatu Emas Eropa sebanyak 5 kali. Musim ini, kehebatannya mengisyaratkan dia akan mendapat European Golden Boot ke-6 dalam karirnya.

Messi juga memenangkan penghargaan ini dalam dua musim terakhir sehingga dia bisa menjadi pemain pertama yang memenangkan ini 3 kali berturut-turut. Messi ini sudah mencetak 26 gol liga dan terdepan untuk Sepatu Emas Eropa. Dia memimpin daftar ini dengan skor 52 poin dan pesaing terdekatnya adalah Kylian Mbappe dari PSG yang telah mencetak 24 gol (48 poin).

Kemudian menyusul striker veteran Samdoria Fabio Quagliarella dengan 40 poin, Cristiano Ronaldo dan Krzysztof Piatek (AC Milan) dengan 38 poin dan Sergio Aguero dengan 36 poin. Musim ini akan berakhir kurang lebih dua bulan lagi, jadi kesempatan Messi memenangkannya sudah sangat dekat. (Sumber: sportskeeda.com)

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini