Perempatfinal Liga Champions: MU Dihantui Dua Kekalahan Final Dari Barcelona

Sepakbola.com, Yogyakarta – Undian perempatfinal Liga Champions sudah dilakukan. Salah satu laga yang paling menarik perhatian tentu antara Manchester United menghadapi Barcelona. Laga ini bisa dikatakan salah satu laga klasik di era Liga Champions.

Setelah melihat hasil undian antara MU kontra Barca, ingatan publik tentu kembali pada tahun 2009 dan tahun 2011 yang lalu. Kala itu keduanya bertemu di babak final sebanyak dua kali dalam tiga musim gelaran Liga Champions. Menariknya dalam dua pertemuan itu Barcelona selalu bisa meraih kemenangan.

Pertemuan pertama kedua tim di babak final Liga Champions terjadi pada tahun 2009. Kala itu Setan Merah yang masih diperkuat Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Carlos Tevez, Dimitar Berbatov, Rio Ferdinand dan banyak pemain dengan nama besar yang lain, tentu lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Apalagi status Manchester United kala itu adalah sebagai juara bertahan.

Namun, Barcelona yang ketika itu ditukangi Pep Guardiola berhasil mempecundangi MU dengan skor meyakinkan 2-0. Gol pertama Barcelona tercipta pada menit ke-10 melalui tembakan Samuel Eto’o. Kemudian pada menit ke-70, Lionel Messi entah bagaimana bisa melakukan tandukan yang mengecoh Edwin Van Der Sar.

Kedua tim ini bertemu kembali di babak final pada tahun 2011. Kala itu final berlangsung di Stadion Wembley di London. Di laga ini Setan Merah seperti bertindak sebagai tuan rumah karena memainkan laga final di negeri sendiri.

Namun, laga yang berlangsung pada 28 Mei itu praktis menjadi Barcelona. La Blaugrana kala itu bisa unggul dalam segala hal. Xavi Hernandez dan kawan-kawan bisa tampil dominan dan memenangkan laga dengan skor 3-1 berkat gol dari Pedro Rodriguez, Lionel Messi dan David Villa.

Saat ini hanya Lionel Messi, Gerard Pique dan Sergio Busquets para pemain yang menjadi starter di final edisi tahun 2011 yang masih bertahan di Barcelona. Sementrara itu di kubu MU, para pemain yang tampil di babak final itu semuanya sudah hengkang dari Old Trafford atau pensiun. (Sumber: UEFA Champions League)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini