Southgate Berharap Pickford Dapat Pelajaran Berharga

Sepakbola.com, London – Manajer Inggris, Gareth Southgate menegaskan Jordan Pickford akan mendapat manfaat dari beberapa kesalahan yang ia lakukan musim ini.

Kiper Everton, yang membintangi The Three Lions saat sukses melaju ke semifinal Piala Dunia musim panas lalu, telah melakukan beberapa kesalahan besar di musim ini.

Pickford mengalami hari yang sulit ketika The Toffees dikalahkan 3-2 oleh Newcastle akhir pekan lalu. Fakta kiper 25 tahun itu mantan pemain Sunderland, selama pertandingan berjalan Pickford dicemooh oleh pendukung tuan rumah di St James ‘Park.

Pickford kemungkinan akan tetap menjadi pilihan pertama Southgate untuk laga di kualifikasi 2020 mendatang melawan Republik Ceko dan Montenegro. Meski ada saingan yang datang dari Jack Butland dan Tom Heaton di posisi di bawah mistar.

Performa kiper Burnley, Heaton akan membuat keputusan Southgate lebih sulit. Namun pelatih 48 tahun itu menyambut diskusi tentang siapa yang harus menjadi kiper nomor satu Inggris.

“Kami tidak memiliki banyak kiper Inggris yang bermain reguler, melakukan penyelamatan bagus dan hari-hari ketika mereka tidak begitu baik,” katanya kepada BBC Radio 5 Live.

“Jordan telah menjadi pilihan pertama kami untuk periode terakhir dan mungkin ini adalah pertama kalinya ia merasa bahwa sorotan sedikit lebih intens. Itu bagus untuk perkembangannya. Dia adalah kiper muda yang sudah ada.”

“Kami menantikan untuk bekerja dengannya minggu depan. Di lingkungan kami, ia telah bekerja dengan baik dan memiliki tingkat pencapaian yang konsisten.”

Duo kiper Southampton, Alex McCarthy dan Angus Gun tidak masuk daftar sebagai pilihan pertama setelah tak dipilih. Sedangkan Dean Henderson yang dipinjamkan ke Sheffield United dari Manchester United, juga disebutkan oleh Southgate sebagai kandidat.

Tetapi penampilan Pickford ketika berbalut jersey Inggris sudah cukup untuk membuat manajer senang dengan kontribusinya. Dia berharap mantan pemain Sunderland itu akan terus maju.

“Jordan bermain sangat bagus untuk kami,” katanya.

“Saya pikir Anda bisa melihat para pemain di seluruh skuat dan mengatakan mereka memiliki saat-saat di mana mereka bermain bagus dan saat-saat di mana mereka mengalami kesulitan di sore hari. Tidak ada pertanyaan yang menjadi masalah bagi Jordan di akhir pekan.”

“Tetapi jika saya melihat apa yang dia lakukan dengan kami, dan ketika Anda memilih skuat Anda, ada unsur apa yang mereka lakukan dengan klub mereka dan unsur apa yang telah mereka lakukan dengan kami, penampilannya dengan kami sudah sangat baik.”

“Saya tidak pernah ingin mengatakan bahwa pemain ini nomor satu, dan hanya itu, dan pemain yang ada di posisi ini adalah pilihan nomor satu kami karena Anda selalu harus bersaing untuk mendapatkan tempat.”

“Tapi, kami senang dengan apa yang dilakukan Jordan dan kami harus membantunya melewati apa yang semoga menjadi titik baliknya di akhir pekan. Seperti semua orang, ia harus berlatih dengan baik dan melakukan kinerja dengan baik,” terangnya. (Sumber: talkSPORT)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini