Catatan Pekan 31 Liga Inggris 2018-2019: Mane Pecahkan Rekor Demba Ba

Liverpool memimpin klasemen dengan keunggulan dua poin Manchester City yang punya satu pertandingan sisa lebih banyak.

Sepakbola.com – Hanya ada lima pertandingan digelar akhir pekan lalu, Sabtu hingga Minggu, 16-17 Maret 2019. Lima pertandingan lain harus mengalami penundaan karena bentrok dengan jadwal perempat final Piala FA. Pertandingan yang ditunda antara lain Brighton and Hove Albion Vs Cardiff City, Watford Vs Southampton, Wolverhampton Vs Arsenal, dan Tottenham Hotspur vs Crystal Palace. Penyebabnya Brighton, Watford, Wolves dan Crystal Palace bertanding di Piala FA.

Laga lain yang mengalami penundaan adalah duel Manchester United vs Manchester City yang sama-sama bertanding di delapan besar Piala FA. Derby Manchester di Old Trafford telah dijadwalkan ulang akan berlangsung pada 25 April 2019 di antara jadwal pekan 35 dan 36.

Liverpool memanfaatkan tertundanya pertandingan Manchester City untuk mengambil alih puncak klasemen. Kemenangan tipis 2-1 di kandang Fulham, Craven Cottage memberi The Reds keunggulan dua poin di atas rival beratnya dalam perburuan trofi Liga Inggris musim ini.

Klasemen Liga Inggris 18 Maret 2019: Penalti Milner Bawa Liverpool Ke Puncak

Kemenangan pasukan Jurgen Klopp diwarnai catatan impresif rekor penalti dan gol James Milner. Wakil kapten Liverpool itu telah mencetak 13 gol dari 14 eksekusi penalti terakhirnya alias hanya sekali gagal. Catatan lainnya adalah gol Milner selalu menjadi gol “keberuntungan”. Tim yang diperkuat Milner tak pernah kalah saat ia mencetak 51 gol. Itu menjadi catatan “gol anti-kalah” tertinggi di Premier League.

Selain catatan unik Milner, apa saja yang muncul dalam lima pertandingan pekan ke-31 Liga Inggris 2018-2019? Berikut di antaranya:

West Ham United 4-3 Huddersfield

Catatan Pekan 31 Liga Inggris 2018-2019

Mark Noble mencetak gol pembuka melalui titik putih namun kemudian Huddersfield membalas tiga gol. Akhirnya West Ham mampu membuat comeback lewat gol Angelo Ogbonna dan sepasang gol Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Gol Noble semakin mengukuhkannya sebagai calon legenda The Hammers setelah mengoleksi 40 gol untuk West Ham. Gelandang 31 tahun itu menjadi pemain West Ham ketiga dengan catatan 40 gol atau lebih setelah Paolo Di Canio (47) dan Carlton Cole (41). Istimewa mengingat posisi Noble adalah gelandang bertahan berbeda dengan dua pendahulunya yang berposisi penyerang.

Burnley 1-2 Leicester City

Catatan Pekan 31 Liga Inggris 2018-2019

Harry Maguire mendapatkan kartu merah memasuki menit keempat pertandingan Burnley vs Leicester City, tepatnya dalam tempo 3 menit 11 detik. Pemain terakhir yang mendapatkan kartu merah kilat di laga Liga Inggris adalah Gareth McAuley pada laga Manchester City vs West Bromwich Albion pada Meret 2015 (1 menit 29 detik). Sementara rekor kartu merah tercepat masih dipegang Kevin Pressman dalam laga Sheffield Wednesday vs Wolverhampton Wanderers, 13 Agustus 2000 yakni 13 detik. Ketika itu Pressman yang berposisi penjaga gawang diusir wasit setelah menangkap bola di luar area kotak penalti.

Bournemouth 2-2 Newcastle United

Catatan Pekan 31 Liga Inggris 2018-2019

Salomon Rondon mencetak gol pembuka pertandingan Bournemouth vs Newcastle United yang berakhir dengan skor 2-2. Bagi Rondon, Bournemouth kini menjadi klub lawan terfavorit bersama Swansea. Bournemouth dan Swansea sama-sama telah dibobol Rondon empat kali. Keduanya menjadi tim yang paling banyak dibobol Rondon sepanjang kariernya di Liga Inggris.

Fulham 1-2 Liverpool

Catatan Pekan 31 Liga Inggris 2018-2019

James Milner memang mencetak gol penalti penentu kemenangan Liverpool namun Sadio Mané adalah pahlawan sesungguhnya. Selain mencetak gol pembuka Mane pula yang memenangkan penalti setelah dilanggar kiper Sergio Rico. Kini Mane telah mencetak 17 gol di Premier League musim ini, menyamai catatan Mohamed Salah, dan terpaut satu gol dari Sergio Aguero yang memimpin daftar top skorer sementara. Catatan 17 gol Mane memecahkan rekor gol Demba Ba, kompatriotnya dari Senegal yang pernah mencetak 16 gol pada musim 2011-2012 saat berkostum Newcastle United. Mane kini menjadi pemain Senegal dengan catatan gol terbanyak semusim di Liga Inggris.

Everton 2-0 Chelsea

Catatan Pekan 31 Liga Inggris 2018-2019

Catatan laga tandang Chelsea terbilang buruk di paruh kedua musim 2018-2019. Sejak awal tahun 2019, Chelsea telah mengalami empat kekalahan dari lima laga tandang yang mereka jalani. Hanya Fulham (enam kali kalah) yang punya catatan laga tandang lebih buruk dari Chelsea pada 2019. Selain Everton, tiga tim lain yang mengalahkan Chelsea di laga tandang Liga Inggris adalah Arsenal, Bournemouth dan Manchester City. Satu-satunya kemenangan tandang pada 2019 didapatkan skuat Maurizio Sarri saat bertamu ke markas Fulham.

 

Komentari Artikel Ini