[VIDEO] CUPLIKAN GOL Brunei Darussalam U-23 1-2 Indonesia U-23: Dimas Drajad Jadi Kiper dan Selamatkan Garuda Muda

Sepakbola.com, Hanoi – Timnas U-23 Indonesia berhasil memetik kemenangan di Stadion My Dinh saat menghadapi Brunei Darussalam pada laga terakhir fase grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Selasa (26/3).

Pertandingan hampir berakhir seri dan Indonesia bermain dengan 10 orang, tetapi Dimas Drajat menjadi pahlawan dengan satu gol dan menepis penalti.

Kemenangan ini membuat Indonesia duduk di peringkat tiga klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 dengan tiga poin dari 3 pertandingan, tertinggal 3 poin dari Vietnam dan Thailand. Sejak kalah di laga kedua lawan Vietnam, Garuda Muda sudah dipastikan tak mungkin lolos ke putaran final tahun depan, sehingga hasil ini tak lebih dari sekedar pelipur lara.

Jalannya pertandingan

Indonesia lebih mendominasi jalannya pertandingan, Garuda Muda melepaskan serangan dari segara penjuru. Namun, penyelesaian akhir Indonesia masih belum cukup mumpuni walau serangan cukup rapi. Saddil, Rafi, Hanif dan Wita terus memberi ancaman pada pertahanan Brunei, sayangnya gol belum kunjung tiba setelah setengah jam pertandingan.

Brunei juga sesekali memberikan perlawanan dengan serangan baliknya karena mereka lebih fokus bertahan. Serangan Balik mereka cukup berbahaya dan perlu diwaspadai.

Menit 31 Indonesia barulah bisa memecah kebuntuan. Ini kesalahan dari kiper Brunei yang membuat bola bisa direbut Witan. Dimas langsung membayar kesalahan tersebut ke gawang Brunei yang tak terkawal lagi.

Gol Dimas | Indonesia U23 1-0 Brunei Darussalam

Tekanan dari Indonesia semakin meninggi menjelang akhir babak pertama, tetapi kembali masalah Indonesia ada di bola akhir dan finishing. Hingga turun minum skor masih 1-0 untuk Indonesia.

Babak kedua Indonesia tetap menjaga intensitas yang tinggi, permainan dengan skema passing dekat terus diperagakan pasukan Indra Sjafri. Menghadapi pasukan Brunei yang merapatkan pertahanan mereka, Indonesia kesulitan mengkonversi peluang. Hingga menit 80 hanya ada tiga peluang Brunei sedangkan Indonesia lebih dari 10.

Indonesia semakin kesulitan menembus pertahanan Brunei 20 menit terakhir pertandingan, bola lebih sering berada di tengah lapangan. Tenaga pasukan Sjafri juga mulai menurun, terlihat passing-passing mereka mulai kurang akurat. Tetapi, pada menit 79 tembakan keras Rafi dari luar kotak penalti berhasil menaklukkan kiper Brunei, 2-0 untuk Indonesia.

Gol Rafi | Indonesia U23 2-0 Brunei U23

View this post on Instagram

#RafiSyarahil

A post shared by Libero_idn (d/h @libero_id) (@libero_idn) on

Sayangnya, gol ini cepat dibalas, sebuah kesalahan pertahanan membuat Azreen langsung satu lawan satu dengan Riyandi dan kiper tersebut memutuskan untuk melanggarnya. Wasit menghadiahinya kartu kuning dan saat penalti, wasit menganggap dia bergerak terlebih dahulu dan langsung diganjar kartu kuning kedua. Dimas Drajat menjadi kiper dadakan dan tak mampu menghalau Azim dari titik putih.

Gol Azim | Indonesia U23 2-1 Bruneu U23

Menit 93 Brunei kembali mendapat hadiah penalti, Egy dianggap menghentikan paksa pergerakan Azim di kotak terlarang. Luar biasanya Dimas Drajat berhasil menepis penalti tersebut. Itu menjadi akhir pertandingan dan Indonesia keluar sebagai pemenang.

Susunan Pemain Indonesia (4-3-3): Riyandi; Samuel, Bagas, Nurhidayat, Fredyan; Hanif, Rafi, Zola; Witan, Dimas, Saddil

Subs: Staria, Awan, Irianto, Andy, Asnawi, Kadek, Sani, Osvaldo, Egy

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini