Dipanggil Perdana Timnas Inggris, Declan Rice Tak Punya Jaminan Menit Bermain

Sepakbola.com, London – Gareth Southgate memasukkan nama Declan Rice untuk mendapatkan panggilan pertamanya di skuat Inggris. Namun demikian tidak serta memberikan jaminan kepada gelandang West Ham.

Rice adalah satu-satunya wajah baru dalam skuat Three Lions untuk kualifikasi Euro 2020 bulan ini. Dia memiliki waktu seminggu untuk mendapatkan izin FIFA mewakili Inggris, setelah memilih tidak membela Republik Irlandia meski memiliki darah dari orang tuanya.

Inggris mengawali Grup A melawan Republik Ceko di Wembley pada Sabtu (23/3) sebelum menuju ke Podgorica untuk menghadapi Montenegro.

Southgate telah menunjuk 25 pemain untuk dua pertandingan ke depan. Salah satunya terdapat nama gelandang West Ham, Rice, yang sedang dalam performa terbaiknya.

Sebelumnya, pemain berusia 20 tahun itu tampil untuk tim junior Republik Irlandia dan mendapat tiga pertandingan di level senior. Namun FIFA pekan lalu mengizinkan kepindahan kewarganegaraan menjadi Inggris karena ketiga penampilan itu datang dalam pertandingan persahabatan.

Southgate merupakan pengagum rahasia lama dari seorang Rice, yang pada hari Selasa dinobatkan sebagai Pemain muda terbaik Irlandia. Ia berharap Rice mampu mengemban beban ini dan berkembang menjadi pemain paling potensial.

“Yah, performanya di klub menjamin itu pemanggilannya ke skuat Inggris,” jawab bos Inggris ketika ditanya tentang alasan memasukkan Rice.

“Ini jelas merupakan situasi yang dipublikasikan dengan baik oleh Declan. Kami sudah melacaknya cukup lama. Saya pikir itu adalah keputusan yang sangat besar ketika Anda meminta pemain untuk berganti kewarganegaraan.

“Kamu harus sangat jelas bahwa kamu merasa mereka memiliki masa depan bersamamu. Tapi saya tekankan, tidak pernah ada jaminan bermain yang dibuat untuknya. Karena saya pikir itu juga penting.

“Anda harus bermain dengan baik untuk masuk ke dalam skuat. Tetapi performanya sangat bagus, kami menyukai apa yang kami lihat dalam hal kepribadian, karakter, dan kualitas kepemimpinannya.

“Tidak banyak pemain seusianya bermain seperti dia di Liga Premier. Kami sebenarnya memiliki beberapa pemain muda yang baik bermain bagus di Liga Premier. Jadi, pada akhirnya, Anda bisa berbicara banyak tentang bakat.”

Sementara itu muncul pertanyaan publik soal tidak dipanggilnya Angus Gunn, kiper yang sedang mencuat namanya bersama Southampton. Dia juga berpeluang bermain untuk Skotlandia, jika memang sang kiper lebih memilihnya.

“Saya tidak siap memilih pemain hanya untuk menghentikan kemungkinan negara lain memilih mereka,” sambung Southgate.

“Jadi (bek kanan Crystal Palace) Aaron Wan-Bissaka (yang pernah bermain sekali untuk Republik Demokratik Kongo di level u20) bermain sangat baik dan dia benar-benar memiliki peluang untuk berada di skuat kami, tidak ada pertanyaan.

“Saya bisa memilih pemain, memberi mereka menit bermain dan menghentikan mereka bermain di tempat lain, tetapi saya tidak berpikir itu benar,” tutupnya. (Sumber: The Guardian)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini