6 Laga Tandang Terbaik Liverpool Di Ajang Liga Champions

Sepakbola.com, Munchen – Liverpool akan menghadapi laga yang tak mudah di kandang Bayern Munchen dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB. Skor 0-0 yang terjadi di Anfield pada leg pertama lalu tentu menguntungkan Bayern.

Meski demikian, Liverpool sebenarnya punya sejarah yang cukup bagus kala harus menjalani laga tandang di ajang Liga Champions. Beberapa kali The Reds bahkan mampu meraih kemenangan di kandang tim yang jauh lebih diunggulkan.

Berikut enam laga tandang terbaik yang pernah dimainkan Liverpool sepanjang keikutsertaan mereka di ajang Liga Champions, pilihan Sepakbola.com.

Manchester City 1-2 Liverpool (2017-18)

Laga ini tentu masih segar dalam ingatan kita. Harus bertemu City di babak perempatfinal Liga Champions musim lalu, Liverpool sukses tampil luar biasa baik di kandang maupun saat tandang.

Di leg pertama, pasukan Jurgen Klopp berhasil mengamankan kemenangan 3-0 di Anfield. Pada leg kedua, The Reds menang lagi di kandang City dengan skor 2-1. Kemenangan di kandang City itu terasa spesial mengingat tim asuhan Pep Guardiola sangat sulit dikalahkan di kandang sendiri waktu itu.

Inter Milan 0-1 Liverpool (2007-08)

Inter Milan saat itu adalah tim yang sangat dominan di Italia. Namun, Liverpool seperti tanpa kesulitan berarti saat menghadapi Esteban Cambiaso dan kolega di babak 16 besar Liga Champions 2007-08.

Liverpool bertindak sebagai tuan rumah lebih dahulu dalam pertarungan ini dan menang 2-0. Kemudian, penampilan apik Fernando Torres dan kawan-kawan berlanjut di Giuseppe Meazza dengan kemenangan 1-0 yang berhasil mereka bawa pulang.

Marseille 0-4 Liverpool (2007-08)

Liverpool butuh kemenangan di laga terakhir melawan Marseille untuk lolos dari fase grup. Awalnya misi itu diperkirakan akan tidak mudah bagi Inter mengingat Marseille juga banyak dihuni pemain berkualitas dan sukar dikalahkan di kandang sendiri.

Namun, skuat Rafael Benitez dengan luar biasa mampu meraih kemenangan dengan skor 4-0. Berturut-turut Steven Gerrard, Fernando Torres, Dirk Kuyt dan Ryan Babel menjadi pencetak gol The Reds di laga ini.

Bayer Leverkusen 1-3 Liverpool (2004-05)

Liverpool punya kenangan buruk saat menghadapi Bayern Leverkusen di tahun 2002. Hal itu kembali menghantui mereka di babak 16 besar Liga Champions musinm 2004-05.

Meski menang 3-1 di leg pertama, ada rasa was-was di tubuh pendukung The Reds, mereka akan kalah di Bay Arena seperti beberapa tahun sebelumnya. Namun hal itu tak terjadi, justru sebaliknya Liverpool mampu kembali meraih kemenangan 3-1 dengan permainan yang apik.

Real Madrid 0-1 Liverpool (2008-09)

Real Madrid seperti biasa selalu dihuni banyak pemain bintang. Itupun yang terjadi di musim 2008-09 dimana mereka diperkuat Arjen Robben, Gonzalo Higuain, Iker Casillas dan masih banyak lagi yang lain.

Meski demikian, Madrid benar-benar tak berdaya saat jumpa Liverpool di babak 16 besar. Kalah di kandang sendiri dengan skor 0-1 saat leg pertama dan kalah lagi dengan skor 4-0 di laga leg kedua menjadi catatan buruk bagi Real Madrid. Sebaliknya, bagi Liverpool dua kemenangan itu sangat luar biasa.

Juventus 0-0 Liverpool (2004-05)

Liverpool mendapatkan kesempatan bermain di kandang terlebih dahulu saat menghadapi Juventus di babak perempatfinal Liga Champions 2004-05. Hal itu berhasi dimanfaatkan dengan baik oleh The Reds dimana mereka berhasil menang dengan skor 2-1.

Namun, bertandang ke Turin tentu bukan urusan mudah apalagi Juve punya sosok-sosok legendaris macam Zlatan Ibrahimovic, Alessandro Del Piero, David Trezeguet, hingga Pavel Nedved yang sangat tajam di lini depan.

Liverpool tampil luar biasa terutama barisan gelandang dan pemain bertahan mereka. Hingga akhir laga gawang Jerzy Duduek tak kebobolan. Liverpool berhasil melaju ke semifinal, kemudian partai puncak dan akhirnya menjadi juara pada musim tersebut.

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini