Fabio Cannavaro Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Tiongkok

Sepakbola.com, Beijing – Mantan kapten Italia, Fabio Cannavaro, ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Tiongkok menggantikan Marcelo Lippi.

Mantan pemain belakang yang pernah berseragam Parma, Inter Milan, Real Madrid, Juventus dan Al-Ahli itu, akan tetap menjadi manajer klub Liga Super Tiongkok, Guangzhou Evergrande.

Cannavaro yang berusia 45 tahun, menggantikan Lippi yang meninggalkan jabatannya setelah Tiongkok tersingkir dari Piala Asia pada Januari 2019.

Lippi yang pernah memimpin tim nasional Italia saat Cannavaro menjadi kapten mereka dan sukses juara Piala Dunia 2006, diperkirakan akan tetap bekerja untuk timnas Tiongkok, tapi kapasitasnya sebagai penasihat.

Cannavaro akan memimpin Tiongkok untuk pertama kalinya pada pertandingan lawan Thailand pada 21 Maret nanti.

Setelah masa senja karier sepakbolanya yang berakhir dengan Al-Ahli di Dubai, Cannavaro cukup sukses di Tiongkok dan Arab Saudi. Cannavaro dua musim bersama Guangzhou Evergrande, kemudian bergabung ke Al-Nassr di Riyadh. Dia kembali ke Tiongkok untuk memimpin Tianjin Quanjian pada 2016, lalu kembali ke Guangzhou setahun kemudian.

Liga Super Tiongkok sendiri baru bergulir pada awal bulan Maret dan masih menjalani dua pertandingan yang dimenangkan Guangzhou Evergrande. Musim lalu mereka finish di urutan kedua, tertinggal lima poin dari Shanghai SIPG yang berhasil menjadi juara. (Sumber: joe.co.uk)

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini