Gonzalo Higuain Pensiun Dari Timnas Argentina

Total Gonzalo Higuain punya 31 gol dari 75 pertandingan untuk tim nasional Argentina.

Sepakbola.com – Gonzalo Higuain mengkonfirmasi dirinya tak akan lagi bermain untuk tim nasional Argentina, alias pensiun di level internasional.

Hubungan Higuan dengan timnasnya dalam beberapa tahun terakhir kurang menyenangkan. Pengalaman pahitnya di final Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015, membuat talentanya terus dipertanyakan.

Gol terakhirnya untuk Argentina terjadi pada Oktober 2016, pada laga Kualifikasi Piala Dunia lawan Peru. Di Piala Dunia 2018 Rusia, dia gagal mencetak gol, sementara Tim Tango gugur pada babak 16 besar usai takluk lawan Prancis.

Mantan pemain Real Madrid, Napoli, Juventus dan AC Milan ini tidak masuk dalam rencana pelatih baru Argentina Lionel Scaloni, yang lebih melirik Mauro Icardi, Lautaro Martinez, hingga duo Superliga Dario Benedetto dan Matias Suarez.

Dan di usia 31 tahun, Higuain memutuskan sudah saatnya menyudahi karier bersama La Albiceleste.

“Saya pikir ini sudah berakhir. Saya sudah memikirkannya secara mendalam. Waktu saya (di timnas) sudah habis,” kata pemain berjuluk Pipita, dalam wawancara dengan Fox Sports, Kamis (28/3/2019).

“Saya ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga dan diri sendiri. Kini Anda tak perlu khawatir lagi tentang saya ada di sana (timnas) atau tidak.”

Lebih lanjut Higuain menggambarkan rasa frustasinya setelah menelan tiga kekalahan di final.

“Kami gagal di tiga final secara beruntun, tak ada yang menang, salah satunya final Piala Dunia,” lanjut Higuain.

“Bagi saya, gagal adalah hal lain, tapi sekarang biarkan mereka lebih peduli dengan pemain pemain-pemain baru. Lebih banyak orang yang mengkritik dari pada mendukung.”

Berawal dari era kepelatihan Maradona

Gonzalo Higuain membuat debutnya di timnas senior Argentina pada Oktober 2009, di era pelatih Diego Maradona. Ketika itu dia langsung mencetak gol saat timnya menang 2-1 atas Peru dan memastikan tempat Argentina di putaran final Piala Dunia setahun berselang.

Di Afrika Selatan dia menjadi pemain Argentina kedua yang menorehkan hattrick di Piala Dunia, setelah Gabriel Batistuta. Ketika itu tiga gol ia cetak ke gawang Korea Selatan, lalu membuat gol lagi saat lawan Meksiko di babak 16 besar.

Higuain menyelesaikan kariernya di level internasional dengan torehan 31 gol dari 75 pertandingan. Dia berada di peringkat keenam daftar pencetak gol terbanyak Argentina, di belakang Maradona. (Sumber: Goal)

Komentari Artikel Ini