Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23: Ujian Pertama Lawan Thailand

Dalam Kualifikasi menuju Piala Asia U-23 2020, Timnas Indonesia U-23 tergabung bersama tiga tim Asia Tenggara yakni Thailand, Brunei Darussalam dan Vietnam.

Sepakbola.com – Timnas Indonesia U-23 asuhan Indra Sjafri akan memulai perjuangan di Kualifikasi Piala Asia U-23 pada Jumat (22/3/2019). Tergabung di Grup K, Egy Maulana Vikri akan meladeni perlawanan Thailand, Brunei Darussalam dan tuan rumah Vietnam.

Pada pertandingan pertama Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. kemudian dilanjutkan melawan Vietnam di matchday kedua dan menutup kualifikasi kontra Brunei di pertandingan terakhir.

Jika melihat jadwal yang disusun, tuan rumah Vietnam masih menganggap Thailand sebagai lawan terberat. Indikasinya laga Vietnam vs Thailand akan digelat pada matchday terakhir. Lawan berat di laga terakhir seringkali dipilih tuan rumah dengan asumsi akan mencapai performa puncak. Vietnam barangkali berharap laga terakhir akan menjadi penentu status juara grup di antara keduanya.

Meski begitu, Indonesia bisa mendapat keuntungan karena menghadapi lawan terlemah pada pertandingan terakhir. Di atas kertas laga ketiga berpeluang besar berbuah tiga poin bagi skuat Garuda Muda. Tetapi Bagas Adi Nugroho dkk tetap tak boleh meremehkan Brunei karena terbukti tim seperti Kamboja bisa membuat kejutan besar di ajang Piala AFF U-22.

Agar bisa mengambil keuntungan di laga pamungkas, Timnas U-23 harus pula mendapatkan hasil bagus di dua laga awal menghadapi dua lawan berat Vietnam dan Thailand. Jadi mereka harus mampu tancap gas dan tampil tanpa canggung sejak pertandingan pertama. Semua pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 akan ditayangkan di stasiun televisi nasional, RCTI.

Thailand otomatis lolos

Sebagai tambahan catatan, Thailand yang berstatus tuan rumah putaran final sudah dipastikan lolos otomatis ke Piala Asia U-23 2020. Jadi keikutsertaan mereka di babak kualifikasi ibarat penggembira atau sekadar untuk mengukur kualitas, memantapkan kolektivitas dan menambah jam terbang pemain di laga kompetitif.

Hanya 15 tim kualifikasi yang akan menemani Thailand berkompetisi di Piala Asia U-23 2020. Tim yang akan lolos adalah 11 juara grup ditambah empat runner-up terbaik. Jika Thailand menjadi juara grup atau satu dari empat runner-up grup terbaik maka peringkat kelima runner-up grup terbaik akan ikut lolos. Perhitungan yang sedikit rumit ini membuat semua tim, termasuk Indonesia, berambisi menjadi juara grup untuk mengamankan tiket.

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23 2019
Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23

 

Komentari Artikel Ini