João Félix, Calon Superstar Portugal Jagoan Vitor Baia

Performa ciamik Joao Felix membuatnya mendapat banyak julukan, salah satunya "New Kaka" mengacu pada bintang Brasil Ricardo Kaka.

Sepakbola.com, Barcelona – Mantan kiper FC Porto dan Barcelona, Vitor Baia menyebut nama Joao Felix sebagai calon bintang masa depan Portugal. Penyataan itu disampaikannya menjawab pertanyaan LaLiga Santander tentang pemain yang berpotensi bersinar jika bermain di Liga Spanyol.

Pernyataan Baia memang cukup mengejutkan mengingat Joao Felix saat ini bermain untuk Benfica yang notabene,  bersama Sporting CP, menjadi rival mantan klubnya, FC Porto. Felix sebenarnya adalah pemain didikan akademi Porto namun pindah ke Benfica pada 2015 saat usianya masih 15 tahun.

Felix yang sempat dikaitkan dengan Liverpool kini dihubungkan dengan klub-klub besar lain seperti Manchester United dan Barcelona. Pemain yang ditangani Jorge Mendes ini juga dikabarkan dekat dengan Juventus setelah agennya itu terlihat di Allianz Stadium pada laga Juventus vs Udinese, Sabtu (9/3/2019) dini hari WIB.

Calon pemain spesial

Meski masih berusia 19 tahun, musim ini Felix telah mengumpulan 29 penampilan di semua ajang untuk Benfica. Pemain yang fasih bermain sebagai inside forward, baik second-striker maupun winger dan juga gelandang serang ini menorehkan 11 gol dan enam assist sejauh ini.

“Saat ini, ada seorang pemain yang sangat muda, sayangnya ia bermain di Benfica dan bukan Porto, yaitu João Félix,” kata Baia.

“Ia berlaga dengan sangat bagus dan ia adalah seorang pemuda dengan potensi besar. Jika terus berkembang seperti ini, ia berpotensi menjadi seorang pemain yang sangat spesial,” lanjut Baia memprediksi.

Performa apik bintang Portugal

Baia yang berkostum Barcelona medio 1996-1998 juga memuji kiprah pemain-pemain Portugal yang saat ini bermain di LaLiga yakni Andre Silva, William Carvalho dan Goncalo Guedes. Sayangnya saat ini Guedes tak mendapat banyak kesempatan tampil di Valencia karena terganggu cedera. Meski begitu ia masih yakin Guedes bisa memberikan kembali performa maksimal.

“Mereka bermain dengan sangat bagus. André [Silva] musim ini bermain apik di Sevilla setelah mengalami tahun yang berat bersama AC Milan, dan performanya sejauh ini juga sangat bagus,” ujar Baia melempar pujian.

“Perubahan itu sangat penting baginya dan ia kini hanya harus mempertahankan performanya.”

“William Carvalho juga bermain bagus. Ia mampu menyeimbangkan skuat tengah Betis yang juga sedang menjalani musim yang mengesankan.”

“Setelah berlaga di Piala Dunia, Guedes kembali membela Valencia yang sedang kurang stabil, tapi ia dapat bermain dengan bagus. Mereka merupakan pemain timnas dengan kualitas yang mengesankan.” (Sumber: LaLiga Santander)

Komentari Artikel Ini