Skotlandia Dibantai Tim Peringkat 117 FIFA, Ini Kata McLeish

Yurki Pertsukh, Yan Vorogovsky dan Baktiyar Zaynutdinov mencetak tiga gol kemenangan Kazakhstan ke gawang Skotlandia di Astana Arena Jumat (22/3/2019).

Sepakbola.com, Nursultan – Manajer Skotlandia Alex McLeish tak mau membahas nasibnya setelah tim asuhannya secara mengejutkan kalah telak 0-3 dari tim kecil, Kazakhstan dalam laga pembuka kualifikasi Euro 2020 Grup I, Jumat (22/3/2019) dini hari WIB lalu.

Skotlandia saat ini menempati posisi ke-40 dalam ranking terbaru dari FIFA. Sementara itu Kazakstan hanya menempati urutan ke-177 bahkan ranking Kazakhstan lebih rendah daripada rangking Vietnam. Tiga gol Kazakstan di laga itu diciptakan oleh Yurki Pertsukh dan Yan Vorogovsky di babak pertama serta satu gol dari Baktiyar Zaynutdinov di babak kedua.

“Saya hanya akan terus melakukan pekerjaan saya,” kata McLeish kepada wartawan selepas pertandingan.

“Cukuplah untuk mengatakan saya tidak akan tertarik pada pertanyaan itu.”

“Saya tidak merasa peringkat di FIFA akan banyak berpengaruh. Saya hanya merasa dalam hal kalah maka saya harus bangkit kembali. Selalu tidak nyaman setelah kekalahan tapi saya cukup bagus untuk bangkit kembali.”

[VIDEO] CUPLIKAN GOL Belgia 3-1 Rusia: Gol Duo Liga Inggris Menangkan Tuan Rumah

Persaingan berat di Grup I

Kekalahan di laga perdana ini tentu akan membuat peluang Skotlandia untuk lolos ke putaran final Euro 2020 kian sulit. Pasukan McLeish selanjutnya mengunjungi San Marino dalam laga berikutnya. Kemudian, mereka masih ditunggu lawan-lawan tangguh seperti Belgia, Rusia serta tim kejutan lain Siprus.

Persaingan di klasemen Grup I setelah matchday pertama berlangsung sangat menarik. Tim favorit Belgia yang mengalahkan Rusia 3-1 hanya menempati peringkat ketiga. Posisi pertama diduduki Siprus yang menekuk San Marino dengan skor 5-0 diikuti Kazakhtan di peringkat kedua.

Skotlandia hanya dua kali lolos ke putaran final Euro yakni pada Euro edisi 1992 dan 1996 yang lalu. Selebihnya, tetangga dari Inggris ini hanya meentok di babak kualifikasi yang sepertinya akan terulang pada edisi kali ini jika mereka tak segera berbenah. (Sumber: Eurosports)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini