Murillo Dan Boateng, Keputusan Transfer Barcelona Yang Sangat Aneh

Sepakbola.com, Barcelona – Barcelona yang biasanya adem-ayem di bursa transfer musim dingin, tiba-tiba menjadi sibuk Januari kemarin. Ketika itu La Blaugrana menggaet tiga pemain sekaligus.

Jeison Murillo menjadi nama pertama yang tiba di Camp Nou pada bursa transfer Januari lalu. Bek tengah asal Kolombia ini datang dari Valencia dengan status pinajaman hingga akhir musim. Namun, Blaugrana memiliki opsi untuk mempermanenkan status Murillo.

Kemudian berturut-turut pemain kawakan Kevin-Prince Boateng dan Jean-Clair Todibo menyusul langkah Murillo dengan datang ke Barcelona. Transfer Todibo mungkin bisa sedikit dimengerti.

Todibo sejauh ini masih belum mendapatkan kesempatan bermain, tapi ia punya banyak waktu untuk mendapatkan hal itu

Todibo baru berusia 19 tahun dan dia memang memiliki potensi yang sangat bagus sebagai bek tengah. Dengan postur yang kokoh (189 cm), bek muda asal Prancis itu diharapkan bisa berkembang di masa depann.

Berbeda dengan Todibo, kedatangan Murillo dan Boateng sangat sulit untuk dipahami dan terasa sangat aneh. Boateng memiliki posisi asli sebagai gelandang serang, sementara pada posisi itu La Blaugrana sudah memiliki setumpuk nama yang bisa dibilang jauh lebih baik ketimbang Boateng yang sudah berusia 32 tahun.

Mungkin, keputusan Barca untuk memboyong Boateng akan mendapatkan pujian jika hal itu dilakukan pada tahun 2011 atau 2012, karena saat itu Boateng masih ada pada performa puncak.

Masa keemasan Boateng dinilai sudah lewat jauh.

Hal serupa juga ada pada sosok Jeison Murillo. Mantan bek Inter ini bahkan hanya menjadi cadangan abadi saat memperkuat Valencia di paruh pertama musim ini. Di Barcelona, Murillo juga hanya dua kali bermain itupun di babak-babak awal Copa Del Rey.

Ketimbang harus mengeluarkan uang untuk meminjam Murillo dan Boateng, Barcelona seharusnya lebih mengandalkan para pemain dari akademi mereka yang beberapa memiliki kualitas cukup mumpuni untuk paling tidak menjadi pemain pelapis di Blaugrana.

Kualitas Murillo dinilai tak lebih baik ketimbang para pemain muda lulusan akademi Barcelona

Chumi Brandariez contohnya, dalam beberapa tahun terakhir bek tengah muda satu ini terus menujukan potensi yang apik. Pun demikian dengan Ruque Puig yang bisa disebut sebagai salah satu calon gelandang serang andalan Barcelona.

Statistik Rekrutan Musim Dingin Barcelona

Kevin Prince Boateng

Main: 2

Total Menit Bermain: 123 menit

Jeison Murillo

Main: 2

Total Menit Bermain: 180 menit

Jean-Clair Todibo

Belum sekalipun merasakan menit bermain di Barcelona

 

Penulis: Hery Kurniawan
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini