Pujian Khusus Southgate Untuk Jordan Henderson

Sepakbola.com, London – Gareth Southgate memuji Jordan Henderson yang sebenarnya ‘kurang dihargai’, saat gelandang Liverpool itu akan membuat penampilan ke-50 untuk Three Lions jika dimainkan melawan Montenegro.

Inggris menghadapi Montenegro di Podgorica dengan misi melanjutkan kemenangan di Kualifikasi Euro 2020.

Henderson mencapai 49 caps dalam kemenangan 5-0 atas Republik Ceko. Kapten Liverpool itu akan mencapai penampilan “setengah abad” di Stadion Gradski jika dipilih oleh Southgate.

Profil Henderson memang dipandang sebagai gelandang biasa saja selama beberapa musim terakhir. Tapi bagi Southgate, dia malah ingin memuji seorang pria yang dia percaya telah menunjukkan penampilan konsisten.

“Pertama, hanya 59 pemain yang telah mencapainya, jadi ini adalah kelompok yang relatif kecil dan sebuah kehormatan besar,” tutur Southgate, yang merupakan bagian dari sederet pemain yang telah mengumpulkan 57 caps, ketika ditanya tentang peluang Henderson memainkan 50 caps.

“Butuh komitmen besar bermain untuk Inggris, pertama dan terutama. Dan kemudian, pada tingkat pribadi, kualitas Jordan sebagai pemain – yang saya pikir kadang-kadang kurang dihargai, dia pemain yang sangat penting bagi kami dan telah menjadi pemain favorit dari manajer terakhir.

“Semua orang menghargai kenyataan bahwa ia memiliki mental yang unggul. Pemain yang bagus membuat pemain lain bermain dengan baik.

“Ini bukan hanya tentang kinerja Anda sendiri, tetapi dampak dan efek yang Anda miliki terhadap orang lain. Ketika Anda seorang pemimpin seperti dia, itu adalah salah satu dari kualitas terbaiknya.”

Henderson membuat debut di tim senior Inggris pada tahun 2010 dan kemudian menjadi pemain internasional paling berpengalaman di pasukan Southgate saat ini, yang sebagian besar masih dalam usia muda.

Hanya pasangan Manchester City, Kyle Walker dan Raheem Sterling yang berusia 25 tahun ke bawah yang sudah membuat 40 caps. Henderson yang berusia 28 tahun menjadi salah satu pemain berpengalaman dengan caps melebihi itu.

Namun, kehormatan memenangkan 50 caps adalah sesuatu yang sudah direncanakan mantan pemain Sunderland itu. Dia melihat kariernya sudah memasuki periode akhir.

“Mudah-mudahan, jika saya bermain, maka saya jelas akan sangat bangga telah bermain untuk negara saya sebanyak itu,” ungkap kapten The Reds yang menggantikan Steven Gerrard itu.

“Tapi saya tidak akan terlalu memikirkannya. Mungkin saya akan punya kenangan baik ketika saya menyelesaikan karier saya dan dapat melihat ke belakang.

“Tetapi saat ini saya ingin berkonsentrasi untuk melakukan yang terbaik untuk tim, memberikan segalanya untuk negara saya.

“Ketika saya menyelesaikan karir saya, saya akan melihat ke belakang dan memutuskan apakah saya puas atau tidak,” tutup Jordan Henderson. (Sumber: talkSPORT)

 

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini