Soutghate Dorong FA Kembali Pertimbangkan Jual Wembley

Sepakbola.com, London – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate menyebut Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) harus kembali mempertimbangkan jual Wembley, karena hasilnya akan sangat berguna bagi pengembangan sepak bola Inggris secara keseluruhan.

FA telah membahas potensi penjualan stadion Wembley ke Shahid Khan sebelum kesepakatan yang diajukan runtuh pada Oktober 2018 yang lalu. Namun, entah apa yang terjadi pemilik Fulham itu kemudian menarik tawarannya sebesar 600 juta pound.

Southgate telah meminta FA untuk mempertimbangkan kembali menjual Wembley, namun stadion itu juga harus tetap menjadi kandang kebanggaan The Three Lions.

“Saya tidak berpikir, pada dasarnya, itu penting siapa yang memiliki Wembley,” kata Southgate.

“Kami memang perlu bermain di sana. Benar tim Inggris bermain di sana. Menurut saya, ada peluang untuk mengumpulkan uang melalui penjualannya.

“Pada tahun 2019 ini, kami akan memiliki tiga pertandingan di sana. Jadi pada kenyataannya, logika untuk memilikinya dibandingkan dengan menjadi penyewa – kami adalah penyewa pada tahun 1996 dan itu adalah turnamen yang brilian.

“Saya mengerti hasrat publik untuk menjadikan Wembley sebagai aset nasional. Tapi secara umum, memiliki properti tidak selalu berarti jika itu menghabiskan banyak uang.”

Southgate percaya penjualan Wembley akan membantu mendanai fasilitas pembinaan usia dini yang sangat dibutuhkan di seluruh negeri.

“Tidak adil mengatakan Premier League tidak menghabiskan uang, karena mereka memang melakukannya. Tidak adil mengatakan klub tidak bekerja di masyarakat, karena mereka melakukannya,” kata Southgate.

“Pendanaan dari pemerintah telah dipotong dan harus dibelanjakan di daerah lain. Tapi kami tidak memiliki lapangan yang cukup,” pungkas mantan bek kiri tangguh tersebut.

Penjualan stadion ke pihak lain memang bukan perkara baru di dunia sepak bola. Bayern Munchen, Manchester City, Arsenal, hingga Juventus sudah melakukannya. Namun, untuk level tim nasional jumlahnya masih sedikit. (Sumber: Sky Sports)

 

Penulis: Hery Kurniawan
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini