Sterling Perlahan Jadi Pemain Paling Berpengaruh Untuk Inggris

Sepakbola.com, London – Gareth Southgate merasa kualitas kepemimpinan Raheem Sterling semakin terlihat dan menjadi sosok paling berpengaruh untuk Inggris, baik dalam maupun luar lapangan.

Pemain depan Manchester City itu mencetak hat-trick dalam laga pembuka Kualifikasi Euro 2020. The Three Lions sukses merebut kemenangan 5-0 yang mengesankan melawan Republik Ceko.

Pertandingan berikutnya menghadapi Montenegro di Podgorica pada Selasa (26/3) dini hari WIB. Berkaca dari hasi lawan Ceko, tidak ada keraguan bahwa Sterling akan mempertahankan tempatnya di tim utama.

Pemain 24 tahun ini telah mencetak lima gol dalam tiga pertandingan internasional terakhirnya. Sementara itu dia sudah mengumpulkan 15 gol di Liga Premier untuk City sejauh musim ini.

Statistik menunjukkan perkembangan Sterling dari tahun ke tahun menanjak. Hal itu semakin menepis kritik yang selama ini diterima mantan pemain Liverpool itu.

Sterling pernah mendapat perlakuan rasisme dari pendukung Chelsea beberapa waktu lalu. Kemudian aksi terbarunya saat menunjukkan kaos untuk memberi penghormatan kepada Damary Dawkins, seorang anak berusia 13 tahun yang meninggal setelah bertarung dengan leukemia dalam perayaan gol keduanya melawan Ceko.

Southgate mengungkapkan ia memandang Sterling sebagai salah satu sosok yang punya kepemimpinan. Ini membuatnya mungkin di belakang Harry Kane, Jordan Henderson dan Eric Dier dalam profil sebagai kapten tim nasional.

“Di antara bulan November dan Maret, mengamati kedewasaan dan pengaruhnya, saya merasa itu akan menjadi langkah yang baik baginya,” kata manajer Inggris tentang Sterling.

“Saya pikir ketika Anda berbicara dengan pemain muda lainnya, dia adalah salah satu yang pertama yang mereka bicarakan membuat mereka merasa sangat nyaman di lingkungan ini. Itu adalah langkah yang sangat penting baginya.”

Calon kapten Inggris

Southgate tak berhenti memuji Sterling sebagai calon kapten Inggris di masa depan. Ia pun percaya Sterling bisa menunjukkan sifat yang sama dengan mereka yang telah mengenakan ban kapten sebelumnya.

“Kami memiliki tiga atau empat pemain sebagai kapten tim, dan Raheem mengembangkan banyak kualitas yang dimiliki orang-orang itu,” lanjut Southgate.

“Dia memiliki kualitas-kualitas itu. Sulit untuk berbicara tentang kapten potensial ketika kapten ada di hotel menunggu untuk pergi makan malam, tetapi dalam hal kualitas pribadinya, ia menunjukkan beberapa kualitas pribadi yang luar biasa.” pungkasnya. (Sumber: Daily Mail)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini