[TOP 10] Nilai Transfer Skuat Termahal: Manchester City Dan Liverpool Ungguli Barcelona

Empat klub Liga Inggris berada di peringkat lima teratas klub dengan nilai transfer skuat termahal di lima liga top Eropa berdasar analisis terbaru CIES Football Observatory.

Sepakbola.com – Lembaga penelitian sepakbola, International Centre for Sports Studies (CIES) Football Observatory, menerbitkan hasil analisis tentang agregat nilai transfer klub di lima liga top Eropa. Perhitungan yang dirilis pada 6 Maret 2019 itu menghitung total nilai potensi transfer seluruh anggota skuat pada masing-masing klub.

Jadi dalam bahasa lain nilai analisis yang muncul adalah total nilai uang yang akan didapatkan jika sebuah klub menjual seluruh pemain yang ada dalam skuat mereka saat ini. Analisis harga pemain dihitung berdasarkan algoritma yang dikembangkan ekslusif oleh CIES Football Observatory.

Estimasi nilai jual pemain dipengaruhi banyak faktor di antaranya usia, panjang durasi kontrak hingga ketertarikan dari klub-klub lain. Berdasar perhitungan CIES, Kylian Mbappe menjadi pemain yang punya potensi harga paling mahal saat ini dengan nilai jual mencapai 223,7 juta Euro. Sementara harga pasar pemain termahal dunia Neymar turun ke angka 161,8 juta Euro. Berapa nilai jual Messi saat ini? 168 juta Euro menurut estimasi lembaga penelitian yang berkantor di Swiss tersebut.

Sementara itu, Harry Kane menjadi pemain dengan nilai termahal di Liga Inggris. Kane yang masih punya kontrak hingga 2024 di Tottenham Hotspur bernilai 194,5. Sementara itu Eden Hazard yang menyisakan kontrak hingga 2020 di Chelsea masih punya nilai cukup tinggi, yakni 116,1 juta Euro.

Inggris dominasi papan atas

Jika menghitung nilai total potensi transfer klub, ada lima tim yang punya nilai lebih dari satu miliar euro atau lebih dari Rp.16 Triliun. Empat di antaranya adalah klub liga Inggris yakni Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Manchester United. Sementara satu sisanya adalah raksasa Spanyol, Barcelona. Real Madrid yang memang cenderung tak terlalu jor-joran belanja pemain di beberapa musim terakhir nilai skuatnya tak menembus satu miliar Euro.

Manchester City menjadi tim dengan nilai skuat termahal yang hampir mencapai angka 1,458 miliar Euro (sekitar Rp24 Triliun). Angka tersebut bernilai satu setengah kali dari biaya transfer yang mereka keluarkan untuk membangun skuat. Liverpool yang berada di peringkat kedua punya nilai total skuat 1,387 Miliar Euro (sekitar Rp.22,3 Triliun Euro). Jika dibandingkan dengan biaya transfer yang dikeluarkan perbandingannya adalah 2,1 kali lipat. Artinya perkembangan harga pemain-pemain di Liverpool lebih tinggi dibandingkan di Manchester City.

Ada empat klub yang punya perkembangan nilai jual pemain mencapai lebih dari tiga kali lipat jika dibandingkan dengan biaya transfer yang dikeluarkan. Klub-klub tersebut adalah Olympique Lyonnais (peringkat 15; 3,3 kali lipat), Real Sociedad (31; 3,4), LOSC Lille (37; 3,2) dan Real Betis (38; 3,1). Dengan kata lain klub-klub tersebut sangat efektif membelanjakan uang di bursa transfer untuk pemain-pemain yang potensi meningkat pesat hargannya.

Di peringkat 10 besar, Tottenham menjadi yang tertinggi terkait rasio nilai berbanding biaya yakni 2,86 kali. Sehingga tak mengherankan meski biaya transfer yang dikeluarkan terendah kedua setelah Atletico namun nilai skuatnya berada di peringkat keempat. Perbedaan juga terlihat ketika Manchester United yang mengeluarkan dana transfer lebih besar dari Liverpool tapi peringkat nilai skuatnya justru kalah mahal.

Tetapi perlu diingat, nilai-nilai yang didapat dari perhitungan ini adalah angka hipotesis. Tim-tim di papan atas tentu tak akan begitu saja menjual pemain-pemain dalam skuat yang dibangun. Mereka mungkin saja menjual pemain mahal, namun kemudian justru menggantinya dengan pemain yang justru lebih mahal.

TOP 10 Nilai Transfer Skuat Termahal

1.Manchester City

Biaya transfer: 964 juta Euro
Nilai skuat: 1,458 miliar Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,51 kali

2.Liverpool

Biaya transfer: 659 juta Euro
Nilai skuat: 1,387 miliar Euro
Rasio Nilai/Biaya: 2,1 kali

3.Barcelona

Biaya transfer: 689 juta Euro
Nilai skuat: 1,220 miliar Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,77 kali

4.Tottenham Hotspur

Biaya transfer: 365 juta Euro
Nilai skuat: 1,044 miliar Euro
Rasio Nilai/Biaya: 2,86 kali

5.Manchester United

Biaya transfer: 754 juta Euro
Nilai skuat: 1,001 miliar Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,33 kali

6.Juventus

Biaya transfer: 498 juta Euro
Nilai skuat: 924 juta Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,86 kali

7.PSG

Biaya transfer: 810 juta Euro
Nilai skuat: 888 juta Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,10 kali

8.Atletico Madrid

Biaya transfer: 337 juta Euro
Nilai skuat: 882 juta Euro
Rasio Nilai/Biaya: 2,62 kali

9.Real Madrid

Biaya transfer: 500 juta Euro
Nilai skuat: 806 juta Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,61 kali

10.Arsenal

Biaya transfer: 429 juta Euro
Nilai skuat: 743 juta Euro
Rasio Nilai/Biaya: 1,73 kali

Komentari Artikel Ini