[TOP 10] Raja Dribel Eropa: Messi Nomor Satu, Hazard Ketiga

Lionel Messi punya catatan dribble sukses terbaik berdasar waktu bermain namun rasio gocekan sukses Eden Hazard paling istimewa.

Sepakbola.com – Lembaga penelitian sepakbola, International Centre for Sports Studies (CIES) Football Observatory, menerbitkan hasil analisis dan membuat peringkat untuk pemain berdasar catatan dribble sukses pada 25 februari 2019. Penelitian ini dilakukan berdasar data OptaPro selama setahun (365 hari) di lima liga terbesar di Eropa.

Analisis dilakukan dengan membandingkan jumlah dribble sukses dengan total menit bermain di liga. Sebagai tambahan info, perhitungan dilakukan hanya pada pemain yang telah bermain dalam minimal 1.800 menit dalam setahun. Namun untuk Bundesliga digunakan angka minimal 1.500 menit.

Hasilnya menempatkan bintang Barcelona Lionel Messi di puncak daftar ranking dengan dribel sukses setiap 19,2 menit. Messi mengungguli gelandang muda Nice, Allan Saint-Maximin yang mencatat dribel sukses setiap 19,8 menit. Sementara itu Eden Hazard menempati peringkat ketiga dengan dribel sukses setiap 21 menit.

Ligue 1 Prancis mendominasi peringkat atas daftar raja dribel Eropa. Tercatat ada empat pemain Ligue 1 yang masuk dalam peringkat delapan besar. Mereka adalah Allan Saint-Maximin, Naïm Sliti, Marcus Thuram and Jeff Reine-Adelaide. Lebih menarik karena tiga di antaranya masih berusia 21, hanya Sliti yang masuk kategori senior dengan usia 26 tahun.

Sementara itu Liga Spanyol diwakili tiga pemain dalam daftar 10 besar. Dua di antaranya adalah bintang Barcelona Lionel Messi dan Ousmane Dembélé. Satu pemain lain adalah Angel Correa yang bermain untuk Atletico Madrid. Premier League punya dua wakil di 10 besar. Serie A tak punya wakil di 10 besar karena penggiring bola terbaik di Liga Italia Paulo Dybala hanya berada di peringkat 13.

Jika dihitung berdasar rasio dribel sukses dari pemain-pemain yang melakukan minimal 100 percobaan dribel maka Eden Hazard berada di peringkat pertama dengan 73%. Selain Hazard, ada tiga pemain lain yang punya rasio dribel sukses lebih dari 70 % yakni Naïm Sliti, Marcus Thuram and Éver Banega.

TOP 10 Raja Dribel Eropa

1. Lionel Messi

Superstar Barcelona Lionel Messi memuncaki daftar setelah analisis CIES menunjukkan La Pulga berhasil membuat dribel sukses di LaLiga rata-rata setiap 19,2 menit. Namun jika dihitung berdasar jumlah gocekan sukses dibandingkan dengan total jumlah dribel hasilnya hanya 67 persen.

2. Allan Saint-Maximin

Gelandang muda Prancis Allan Saint-Maximin membuat dribel sukses setiap 19,8 menit untuk Nice di Ligue 1 Prancis. Sementara perbandingan dribel sukses dengan total dribel 60 persen.

3. Eden Hazard

berita real madrid eden hazard liga spanyol la liga

Bintang Chelsea Eden Hazard berada di peringkat ketiga dengan catatan gocekan sukses di Liga Inggris setiap 21 menit. Rasio dribel sukses Hazard jika dibandingkan total upaya dribel mencapai angka 73 persen, menjadi rasio terbaik di antara pemain-pemain lain.

4. Naïm Sliti

Bintang Timnas Tunisia Naim Sliti menjadi yang kedua terbaik di Ligue 1 dan keempat di lima liga top Eropa. Gelandang bernomor punggung 10 di Dijon ini membuat dribel sukses setiap 21,4 menit dengan rasio mendekati catatan Hazard yakni 72 persen.

5. Ousmane Dembélé

Prancis boleh bangga dengan talenta-talenta yang dihasilkan Ligue 1, karena masih ada tambahan winger Barcelona Ousmane Dembele yang juga dibesarkan Ligue 1 di awal kariernya. Selama setahun belakangan ini, Dembele telah sukses menggiring bola setiap 21,7 menit dengan rasio 63 persen.

6. Jadon Sancho

Bintang muda Inggris yang kini bermain untuk Borussia Dortmund Jadon Sancho menjadi satu-satunya wakil Bundesliga di peringkat 10 besar. Ia memproduksi gecekan sukses seriap 24,1 menit dengan rasio 61 persen.

7. Marcus Thuram

Putra salah satu pahlawan Prancis di Piala Dunia 1998, Lilian Thuram, menembus peringkat ketujuh. Marcus Thuram yang berposisi penyerang, berbeda dengan sang ayah yang seorang defender membuat dribel sukses setiap 24,2 menit untuk Guingamp di Liga Prancis. Striker yang kini berusia 21 tahun itu mencatat rasio keberhasilan dribel cukup istimewa, 72 persen.

8. Jeff Reine-Adelaide

Pemain Angers berusia 21 tahun ini menjadi pemain keempat Ligue 1 yang masuk top 10 raja dribel Eropa. Jeff Reine-Adelaide yang pernah berstatus pemain Arsenal medio 2015-2018 meski tak pernah sekalipun bermain di Premier League ini mencatat dribel sukses setiap 24,7 menit dengan rasio 61 persen.

9. Wilfried Zaha

 

Wilfried Zaha menjadi penggiring bola terbaik kedua di Premier League setelah Eden Hazard. Penyerang sayap Crystal Palace telah mencatat keberhasilan giringan bola setiap 25,6 menit dengan rasio dribel sukses 54 persen.

10. Angel Correa

Winger Atletico Madrid Angel Correa menjadi pemain terakhir di peringkat 10 besar berdasar analisis CIES Football Observatory. Ia berasa di peringkat ketiga jika hanya menghitung pemain-pemain yang tampil di LaLiga Spanyol. Catatan dribel sukses Correa setiap 27,1 menit dengan rasio 65 persen.

Komentari Artikel Ini