[VIDEO] CUPLIKAN GOL Barcelona 5-1 Lyon (Agg 5-1): Messi Dkk Habisi Wakil Prancis

Barcelona mendapatkan gol melalui brace Lionel Messi ditambah masing-masing satu gol Philippe Coutinho, Ousmane Dembele dan Gerard Pique sementara satu gol balasan Lyon disumbangkan Lucas Tousart.

Sepakbola.com, Barcelona – Barcelona mengamankan tiket babak perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan wakil Prancis Lyon di babak 16 besar. Bertanding di Camp Nou, Barcelona, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB, dalam laga leg kedua, Lionel Messi dkk menang meyakinkan dengan skor 5-1.

Barcelona menjadi satu-satunya wakil Spanyol yang tersisa setelah langkah Real Madrid dihentikan wakil Belanda, Ajax Amsterdam. Sementara kekalahan Lyon membuat Prancis tak punya wakil di babak delapan besar karena PSG juga telah tumbang di tangan Manchester United.

Peluang pertama datang pada menit ke-4 melalui Lionel Messi namun tembakannya masih bisa ditahan kiper Lyon Anthony Lopes. Lyon bereaksi pada menit ke-10, Tanguy Ndombele mencoba membidik gawang dari pinggir kotak penalti namun tembakannya masih melenceng ke sisi gawang.

Menit 17 wasit Szymon Marciniak meniup peluit ketika Luis Suarez terjatuh setelah mendapatkan tekel dari Jason Denayer di dalam kotak penalti. Marciniak terlebih dulu mereview video assistant referee (VAR) sebelum memutuskan melanjutkan ke hukuman penalti. Messi yang tampil sebagai algojo mengeksekusi penalti ala panenka dan tak bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper. Barcelona unggul 1-0.

Gol penalti Messi (18′)

 

 

Memasuki menit ke-31, tuan rumah memperlebar jarak keunggulan melalui gol Philippe Coutinho. Bintang Brasil mencetak gol mudah setelah menerima umpan matang dari Luis Suarez di depan mulut gawang yang menganga. Papan skor berubah Barcelona 2-0 Lyon.

Gol Coutinho (31′)

Meski sudah unggul dua gol, Barcelona tak mau memberikan kesempatan kepada tim tamu untuk mendapatkan momen. Blaugrana masih memproduksi peluang melalui Suarez dan Messi sebelum babak pertama berakhir. Usaha Suarez melenceng sementara tembakan Messi berhasil dimentahkan kiper Mathieu Gorgelin yang masuk menggantikan Anthony Lopes yang cedera.

Sementara usaha serangan balasan Lyon di antaranya melalui Moussa Dembele masih mentok di kaki pemain bertahan Barcelona. Hingga turun minum, keunggulan dua gol klub Catalan masih bertahan.

Babak kedua baru memasuki dua menit, Barca sudah mendapatkan peluang matang ketika Arthur berhasil melesat ke kotak penalti mendahului bek lawan. Diberi gangguan kawalan ketat lawan, Arthur masih sempat menyodorkan bola kepada Messi. Beruntung bagi Lyon, bola yang dicungkil Messi masih bisa disapu sebelum masuk ke gawang.

Lyon akhirnya mampu mencetak gol balasan pada menit 59 yang diawali dengan situasi sepak pojok. Bermula dari sebuah kemelut di depan gawang Barcelona, Lucas Tousart mengontrol bola rebound dengan dada sebelum menembaknya masuk ke gawang Barca tanpa mampu diantisipasi Marc-Andre ter Stegen. Wasit meminta review VAR sebelum memberi tanda kick-off untuk melanjutkan pertandingan. Lyon masih butuh satu gol lagi untuk menyamakan gol agregat dan mengambil keuntungan dari gol tandang.

Gol Tousart (59′)

 

Tapi Barcelona kembali menjauh. Lionel Messi melakukan aksi individu yang membuat pemain bertahan Lyon kelabakan sebelum mengirim tendangan placing mengarah kesudut kanan gawang. Bola sempat tersentuh tangan kiper yang berusaha menerkam namun bola tetap bersarang ke gawangnya. Menit 78 skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Barcelona.

Gol Messi (78′)

Dan Blaugrana kembali tak memberi kesempatan bagi Lyon untuk mendapatkan momen, hanya tiga menit pasca gol Messi, Gerard Pique menambah keunggulan tuan rumah pada menit ke-81. Tanpa pengawalan berarti, Ia tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang kosong setelah menerima umpan matang Messi yang mengarah ke tiang jauh. Harapan comeback Lyon yang sempat muncul kembali kandas setelah jarak skor melebar menjadi tiga gol.

Gol Pique (81′)

Lima menit setelah gol Pique, Ousmane Dembele yang masuk di babak kedua menggantikan Coutinho mencetak gol kelima Barcelona. Bergerak ke kotak penalti dari sayap kiri, ia menyambar umpan Lionel Messi dengan tendangan menyusur tanah. Bola sempat terdefleksi kiper sebelum menggetarkan gawang tim tamu. Gol Dembele pada empat menit sebelum waktu normal berakhir itu benar-benar menjadi pembunuh harapan Lyon.

Gol Dembele (86′)

 

Video cuplikan gol Barcelona vs Lyon

Susunan pemain Barcelona vs Lyon

Barcelona XI (4-3-3): 1-ter Stegen; 20-Roberto, 3-Pique, 15-Lenglet, 18-Alba; 8-Arthur, 5-Busquets, 4-Rakitic; 10-Messi, 9-Suarez, 7-Coutinho

Lyon XI (5-3-2): 1-Lopes; 14-Dubois, 5-Denayer, 6-Marcelo, 20-Marcal, 22-Mendy; 28-Ndombele, 18-Fekir, 29-Tousart; 9-Dembele, 11-Depay

Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)

Komentari Artikel Ini