[VIDEO] CUPLIKAN GOL Roma 2-1 Empoli: 10 Pemain Giallorossi Amankan Tiga Poin

Sepakbola.com, Roma – AS Roma dengan susah payah meraih poin penuh di kandang sendiri saat menjamu Empoli di Stadion Olimpico, Selasa (12/3) dini hari WIB. Giallorossi yang bermain dengan 10 orang bisa gagal menang, jika VAR tidak menganulir gol kedua Empoli.

Hasil di laga perdana Claudio Ranieri setelah kembali melatih Roma ini, menyudahi dua kekalahan beruntun Serigala Ibu Kota (Lazio dan Porto). Namun tidak menggerakkan mereka dari posisi lima dengan 47 poin dari 27 pertandingan, tertinggal tiga angka dari Inter Milan di posisi keempat. Sedangkan Empoli tertahan di posisi 17 klasemen dengan 22 poin dari 26 pertandingan.

Roma sudah menggebrak sejak menit awal dan tendangan sudut pertama mereka langsung membuahkan gol. El Shaarawy yang mendapat bola di luar kotak penalti melepaskan tembakan keras, menghujam gawang Dragowski.

Gol El Shaarawy Roma 1-0 Empoli

Roma terus memberikan tekanan kepada tamunya dan mereka tentu tahu gol cepat bila tidak dilanjutkan dengan gol kedua memberikan lebih banyak waktu kepada lawan untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, hal itu memang terjadi, Juan Jesus membuat gol bunuh diri di menit 12 saat mencoba membuang bola dengan sundulan.

Gol bunuh diri Jesus Roma 1-1 Empoli

Gol bunuh diri tersebut cukup memberikan tekanan kepada Roma, merek sedikit menurunkan daya serangnya karena waspada pada serangan Balik cepat Empoli. Walau begitu, Roma tetap lebih dominan setelah imbang 1-1.

Roma akhirnya bisa sedikit bernafas lega karena Schick kembali membawa timnya memimpin pada menit 33. Sundulannya menyambut tendangan bebas Florenzi dari sisi kanan masuk tajam ke gawang kiper tim tamu.

Gol Schick Roma 2-1 Empoli

Babak kedua Roma dan Empoli bermain lebih hati-hati, Roma mencoba untuk menguasai benar-benar lini tengah, menghentikan aliran bola Empoli dan memberikan serangan dari sisi lapangan. Cukup ampuh strategi Roma, tetapi serangan mereka menjadi kurang bervariasi.

Kluivert dan El Shaarawy memang cukup merepotkan di lini depan, tetapi frekwensi mereka mendapat aliran bola menurun. Empoli sendiri tak bisa berbuat banyak, mereka lebih sering berupaya memaksimalkan bola mati dan juga serangan balik.

Statistik pertandingan ini sangat timpang, Roma melepaskan sembilan tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Empoli dari tiga percobaan tak satupun yang on target.

Claudio Ranieri mencoba membuat perubahan di timnya dengan memasukkan Karsdorp dan Celar, menarik Kluivert dan Schick. Perubahannya tidak terlalu terlihat, tetapi mereka bermain dengan lima bek. Ranieri juga cukup berani memasukkan Celar yang usianya masih 19 tahun pada pertandingan yang masih krusial seperti ini, apalagi Florenzi sudah keluar karena kartu kuning kedua.

Empoli sebenarnya mencetak gol pada menit 86, tetapi dianulir karena Oberlin dianggap handball setelah wasit melihat VAR. Protes keras dilayangkan pemain Empoli, namun keputusan tak berubah dan pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Roma.

CUPLIKAN GOL Roma 2-1 Empoli

Susunan Pemain

Roma (4-2-3-1): Olsen – Florenzi, Juan Jesus, Marcano, Santon – Nzonzi, Cristante – Kluivert, Zaniolo, El Shaarawy – Schick

Subs: Fuzato, Mirante, Karsdorp, Semeraro, Cargnelutti, Coric, Riccardi, Pezzella, Perotti, Celar.

Empoli (3-5-2): Dragowski – Veseli, Silvestre, Dell’Orco – Di Lorenzo, Acquah, Bennacer, Krunic, Pasqual – Farias, Caputo

Subs: Perucchini, Provedel, Maietta, Nikolaou, Pajac, Rasmussen, Brighi, Capezzi, Traore, Ucan, Oberlin.

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini