[VIDEO] Gerard Pique Perkuat Catalunya Usai Pensiun Dari Timnas Spanyol

Sepakbola.com – Gerard Pique mungkin sudah pensiun bermain untuk Spanyol sejak 2018, tapi dia tampil untuk Catalunya dalam laga persahabatan, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB.

Pique yang merasakan juara Piala Dunia dan Piala Eropa bersama Spanyol, jadi kapten Catalunya ketika Sergio Garcia diganti pada babak pertama lawan Venezuela.

Catalunya belum masuk naungan FIFA ataupun UEFA, sehingga pertandingan ini bersifat tidak resmi meski berlangsung di hadapan publik dekat Girona.

Itu adalah penampilan ke-10 Pique untuk Catalunya dan yang pertama sejak pensiun dari timnas Spanyol usai Piala Dunia 2018.

Catalunya menang 2-1, dengan gol pertama dicetak striker Stoke City Bojan. Venezuela yang pekan lalu mengalahkan Argentina, sempat menyamakan skor lewat gol Roberto Rosales, tapi pemain Espanyol Javi Puado berhasil mencetak gol kemenangan Catalunya pada menit 87.

Full-back Brighton Martin Montoya, gelandang Southampton Oriol Romeu, dan bek tengah Real Betis Marc Bartra, juga tampil untuk Catalunya.

Sebelumnya, beberapa klub Spanyol mengeluarkan larangan untuk pemain mereka memperkuat Catalunya tapi karena cedera, bukan alasan politis.

Mantan gelandang Barcelona dan timnas Spanyol, Xavi, juga dipanggil namun tak bisa main karena komitmen klubnya, Al-Sadd.

Catalunya wilayah semi-otonom di timur laut Spanyol, yang berarti memiliki kekuatan pemerintahan sendiri.

Pemerintah Catalunya mengadakan referendum pada 1 Oktober 2017 dan mendeklarasikan merdeka dari Spanyol beberapa minggu kemudian. Tapi pemerintah Spanyol mengatakan pemilihan itu ilegal.

Pique, pemilik 103 caps untuk Spanyol, mendukung Catalunya merdeka dan kerap diejek oleh suporter Spanyol ketika masih bermain di timnas.

Beberapa orang yang menggagas kemerdekaan Catalunya, saat ini sedang diadili di Spanyol karena dituduh melakukan pemberontakan.

(Sumber: BBC)

Komentari Artikel Ini