5 Fakta Unik Barcelona vs Atletico Madrid

Barcelona menjamu Atlético Madrid di Camp Nou pada Minggu (7/4/2019) dini hari pukul 01.45 WIB dalam laga krusial dalam perburuan gelar LaLiga 2018-2019.

Sepakbola.com, Barcelona – Barcelona vs Atlético de Madrid telah menjadi pertandingan penentu gelar juara dalam beberapa musim terakhir. Pada 17 Mei 2014, Atléti meraih gelar Liga Spanyol di Camp Nou berkat gol sundulan Diego Godín di babak kedua. Setahun kemudian, Barça berhasil membalas dendam ketika memenangkan gelar di Vicente Calderón.

Walaupun tiga poin dari laga pekan ke-31 kali ini tidak akan memberikan gelar pada Barcelona, setidaknya kemenangan tersebut akan semakin melebarkan jarak Barça dengan yang lain dan memperbesar peluang mereka untuk mempertahankan gelar.

Bagi Atlético, harapan mereka untuk meraih gelar liga sedang dipertaruhkan. Tertinggal 10 poin dengan sembilan pertandingan tersisa, mereka wajib memangkas jarak.

Ini bukan derby, tetapi rivalitas yang signifikan telah tumbuh antara Barcelona dan Atlético dalam beberapa tahun terakhir. Mengingat pertandingan ini akan menentukan dimana trofi LaLiga Santander 2018/19 akan berada, entah itu di Camp Nou atau Wanda Metropolitano, seluruh dunia akan menyaksikannya.

1. Sejarah lebih memihak Barcelona

Kedua tim telah bertemu di LaLiga sebanyak 163 kali dan Barcelona memenangkan 73 diantaranya, dengan persentase kemenangan sebesar 45%. Sebanyak 40 pertandingan berakhir imbang, dan Atlético mencatat 50 kali kemenangan.

2. Salah satu korban favorit Messi

Lionel Messi gemar mencetak gol ketika berhadapan dengan Atlético de Madrid. Sepanjang karirnya, ia telah bertanding melawan Los Colchorenos sebanyak 37 kali dan mencetak 28 gol. Artinya, Atlético adalah tim kedua terbanyak yang gawangnya dijebol oleh Messi. Hanya Sevilla yang memiliki rekor kebobolan lebih buruk dengan 36 gol.

3. Simeone belum pernah menang di liga

Walaupun Diego Simeone memenangkan gelar di Camp Nou dengan hasil imbang 1-1 di hari terakhir musim 2013/14, ia belum pernah meraih tiga poin atas Blaugrana. Pelatih asal Argentina ini telah bertanding melawan Barcelona sebanyak 14 kali di LaLiga, tapi kalah dalam sembilan pertandingan dan imbang dalam lima lainnya.

4. Rutin tercipta gol

Belum pernah ada hasil imbang tanpa gol ketika dua tim ini berhadapan sejak 2013. Mereka telah bertanding sebanyak 18 kali dalam semua ajang sejak saat itu dan di setiap 18 pertandingan tersebut, setidaknya ada satu gol yang tercipta.

5. Rekor buruk Griezmann bersama Atletico

Antoine Griezmann mungkin telah mencetak enam gol melawan Barcelona sepanjang karirnya, tapi bukan di LaLiga dengan kostum Rojiblancos. Dua gol LaLiga-nya melawan Barça dicetak ketika ia masih membela Real Sociedad. Penyerang Prancis ini juga mencetak dua gol untuk Atléti ketika melawan Blaugrana di Liga Champions, dan dua gol di Copa del Rey, satu ketika membela Atléti dan satu ketika membela Sociedad.

Komentari Artikel Ini