5 Pemain Debutan Termuda LaLiga Spanyol 2018-2019

Sepakbola.com – Klub-klub Spanyol sangat serius menggembleng pemain-pemain muda. Faktanya, berdasarkan laporan CIES Football Observatory yang dirilis akhir tahun 2018, Real Madrid menjadi penghasil pemain akademi terbanyak di Eropa dan Barcelona berada di peringkat ketiga.

Bukan hanya Real Madrid dan Barcelona yang punya akademi pemain muda bagus, delapan akademi klub LaLiga Santander lainnya juga berada di posisi 50 teratas berdasarkan jumlah lulusan yang bermain di lima liga top lainnya.

Dengan fakta tersebut, tidak mengherankan jika di LaLiga Santander musim ini banyak pemain muda yang mencecap sengitnya pertarungan kasta teratas LaLiga tersebut.

Berikut lima pemain termuda yang melakukan debutnya di LaLiga Santander musim ini. Empat di antaranya lahir di abad ke-21, sedangkan satu pemain merupakan bintang muda Brasil yang merebut perhatian dunia.

1. Ander Barrenetxea

Debutan Termuda LaLiga Spanyol
Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Ander Barrenetxea/ Real Sociedad (Sumber: LaLiga Santander)

Debut di usia 16 tahun, 11 bulan, 24 hari (REAL SOCIEDAD vs D. Alavés)

Ada empat pemain di daftar ini yang lahir di abad ke-21 dan Ander Barrenetxea salah satunya. Meskipun ia adalah yang termuda, Barrenetxea menjadi yang pertama kali debut di LaLiga Santander pada Desember 2018 lalu. Asier Garitano, pelatih Real Sociedad saat itu, memainkan pemuda lokal tersebut di lima menit terakhir laga kandang derby Basque melawan D. Alavés, dan La Real kalah 1-0. Pemain sayap yang baru berusia 17 tahun ini kini fokus untuk membela tim B Real Sociedad. Meski begitu, fakta bahwa ia telah melakukan debut di tim senior menandakan betapa berharganya ia di San Sebastián.

2. Kang-in Lee

Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Ander Barrenetxea/ Real Sociedad (Sumber: LaLiga Santander)
Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Kang-in Lee/Valencia (Sumber: LaLiga Santander)

Debut di 17 tahun, 10 bulan, 24 hari (VALENCIA CF vs R. Valladolid)

Kang-in Lee, gelandang serang asal Korea Selatan, telah sembilan kali tampil untuk Valencia musim ini. Sebelum memainkan debutnya di LaLiga pada Januari lalu dalam pertandingan melawan Real Valladolid yang berakhir imbang 1-1, ia telah bermain untuk Los Che di ajang Copa del Rey. Ia bahkan bermain di enam dari delapan pertandingan Valencia di Copa del Rey musim ini. Ia telah menjadi pemain andalan timnya menuju babak final. Karier di tahun 2019 ini sangat cemerlang, membuatnya dipanggil oleh timnas Korea Selatan untuk pertandingan persahabatan melawan Bolivia dan Kolombia pada Maret lalu.

3. Bryan Gil

Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Ander Barrenetxea/ Real Sociedad (Sumber: LaLiga Santander)
Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Bryan Gil/Sevilla (Sumber: LaLiga Santander)

Debut di usia 17 tahun, 10 bulan, 26 hari (SEVILLA FC vs Atlético de Madrid)

Bryan Gil adalah pemain sayap berbakat dari tim B Sevilla yang sudah bermain beberapa kali untuk tim senior. Penampilan pertamanya untuk Sevilla yaitu pada pertandingan melawan Atlético de Madrid yang berakhir imbang 1-1. Sejak itu, Gil bermain lima kali untuk Los Nervionenses dengan total 60 menit bermain. Fakta bahwa Pablo Machín dan Joaquín Caparrós sama-sama memberikan pemuda ini kesempatan bermain menunjukkan potensi besar yang dimilikinya.

4. Víctor Mollejo

Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Ander Barrenetxea/ Real Sociedad (Sumber: LaLiga Santander)
Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Victor Mollejo/Atletico Madrid (Sumber: LaLiga Santander)

Debut di usia 17 tahun, 11 bulan, 29 hari (ATLÉTICO DE MADRID vs SD Huesca)

Hanya dua hari sebelum menginjak usia 18 tahun, penyerang Víctor Mollejo tampil untuk pertama kalinya untuk Atlético de Madrid, yang menjadi hadiah ulang tahun baginya. Ia sudah bermain untuk Los Rojiblancos dalam beberapa pertandingan persahabatan, bahkan mencetak gol dalam pertandingan pra-musim International Champions Cup melawan PSG, tapi penampilannya melawan Huesca pada Januari lalu adalah penampilan pertamanya di LaLiga dan ia nyaris mencetak gol. Kesempatan lainnya datang di pekan berikutnya ketika melawan Getafe. Tak mengherankan apabila penampilannya di masa mendatang patut ditunggu dan disaksikan.

5. Vinícius Júnior

Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Ander Barrenetxea/ Real Sociedad (Sumber: LaLiga Santander)
Debutan Termuda LaLiga Spanyol: Vinicius Junior/Real Madrid (Sumber: LaLiga Santander)

Debut di usia 18 tahun, 2 bulan, 17 hari (REAL MADRID vs Atletico de Madrid)

Pesepak bola termuda ke-lima musim ini adalah Vinícius Júnior, bintang muda Real Madrid yang bergabung dari Flamengo pada musim panas 2018. Dengan banyak sekali pengalaman di Amerika Selatan, pemain Brasil ini datang ke ibu kota Spanyol dengan ekspektasi tinggi dan ia berhasil membuktikan dirinya. Walau ia gagal memberikan pengaruh besar dalam debutnya pada Derby Madrid September lalu, ia sukses menjadi pemimpin di lini serang Los Blancos. Pemuda 18 tahun ini sudah tampil sebanyak 28 kali dalam berbagai laga, 15 diantaranya yaitu laga LaLiga Santander. Pemain berbakat ini sudah tentu akan bermain lebih banyak apabila tidak dilanda cedera pada Maret lalu.

Komentari Artikel Ini