Di Usia 20 Tahun, Mbappe Sudah Saingi Torehan Gol Messi

Kylian Mbappe telah mencetak 30 gol di Ligue 1 dengan kompetisi masih menyisakan lima pertandingan.

Sepakbola.com, Paris – “Dia seperti hiu yang mencium bau darah. Jika Anda mengeluarkan sedikit darah, itu terjadi.”

Itu adalah kata-kata pelatih PSG Thomas Tuchel baru-baru ini ketika ia berusaha untuk menggambarkan performa mematikan Kylian Mbappe di depan gawang.

Meski keberhasilan PSG membungkus gelar Ligue 1 tak mampu menyembuhkan kegagalan mereka di Eropa, torehan gol yang luar biasa dari Mbappe musim ini layak untuk diapresiasi. Penyerang asal Prancis itu tak terbendung di depan gawang dengan torehan 30 gol dari 27 penampilan liga.

Dengan kecepatan, semangat, dan ketenangan di pertahanan lawan, Mbappe mampu merobek-robek pertahanan klub-klub Ligue 1. Dan hasilnya, PSG menjadi klub yang kembali tak tertahankan di kompetisi domestik.

Hanya Lionel Messi yang mampu mencetak lebih banyak gol liga di lima liga top Eropa musim ini. Pemain Barcelona itu mencetak 33 gol dalam 30 pertandingan La Liga. Meskipun kualitas antara Ligue 1 dan La Liga tidak sama, kualitas Mbappe tetap diakui oleh para penikmat sepak bola.

Gol-gol krusial di usia muda

Pada usia 20 tahun, Messi yang dulu masih berambut panjang hanya mampu mencetak 10 gol liga dalam 28 pertandingan di musim 2007/08. Sementara itu Mbappe telah mampu menunjukkan ketajaman yang luar biasa di usia yang sama. Pemain Lille Nicolas Pepe adalah pencetak gol terbaik berikutnya di Ligue 1 dan ia masih tertinggal delapan gol di belakang mantan pemain Monaco itu.

Dan meski masih berusia sangat muda, Mbappe telah berhasil menempatkan pemain-pemain seperti Edinson Cavani dan Neymar ke dalam bayangannya. Kedua bintang PSG itu telah berjuang untuk pulih dari cedera musim ini, namun ketidakhadiran mereka hampir tidak diketahui karena Mbappe mampu dengan mudah mengisi kekosongan di lini depan.

Mbappe telah memberi PSG keunggulan 11 kali dalam pertandingan Ligue 1 sejauh ini, dan itu adalah angka yang menggarisbawahi betapa berharganya gol-gol darinya musim ini.

“Mbappe adalah pemain yang luar biasa. Mentalitasnya sangat besar. Dia selalu ingin mencetak gol. Jika dia merasakan gol atau situasi berbahaya, dia akan berada di depan gawang. Itu kualitasnya. Dia harus mencetak lebih banyak, lebih banyak gol lagi,” ujar Tuchel. (Sumber: Goal)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini