Indonesia Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-16

Sepakbola.com, Jakarta – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menunjuk Indonesia untuk menyelenggarakan event sepak bola internasional, yaitu Kualifikasi Piala Asia U-16 tahun 2020.

Penunjukkan ini tertuang dalam surat AFC dan ditandatangani Direktur Kompetisi AFC, Shin Man Gil, pada 18 April 2019. Ini adalah kesempatan lanjutan yang diberikan untuk PSSI setelah sebelumnya menyelenggarakan turnamen-turnamen internasional pada tahun 2018.

Tahun lalu Indonesia menggelar banyak event, yaitu AFF Girls Championship, AFF Woman Championship, AFF U-16 Championship, AFF U-19 Championship, AFF Club Futsal Championship, AFF Futsal Championship, AFF Beach Soccer Championship, AFC Club Futsal Championship, AFC U-19 Championship dan terakhir Asian Games.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan PSSI sangat siap menjadi tuan rumah. Pengalaman tahun akan dijadikan modal untuk menyelenggarakan turnamen ini.

“Ini sebuah kehormatan bagi kami dan kembali menjadi bukti bahwa PSSI telah mendapatkan kepercayaan penuh dari publik internasional, dalam hal ini Asia, untuk menghelat gelaran sepak bola antar-negara Asia,” kata Tisha.

Bersama Laos, Myanmar, Singapura dan Vietnam, Indonesia akan menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 dari Zona Timur. Kelima negara tuan rumah ini secara otomatis akan ditempatkan di grup yang berbeda dalam pengundian grup yang akan dilaksanakan AFC.

Saat ini Timnas U-16 saat ini sedang menggelar seleksi di Cikarang. Tim besutan Fakhri Husaini akan berada di Cikarang hingga 28 April 2019 mendatang, rencananya akan ada semacam trofeo setelah mereka menjalani tiga hari latihan. Mereka nantinya akan berlaga pada Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam.

Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September atau Oktober mendatang. Tapi sebelum itu, Fakhri juga berencana terbang ke Inggris memantau pemain yang ada di Garuda Select.

Komentari Artikel Ini