Jeblok Dua Laga Terakhir, Persija Butuh Pemain Baru?

Sepakbola.com, Jakarta – Pasca kekalahan melawan Kalteng Putra di babak 8 besar Piala Presiden 2019 penampilan Persija menurun drastis. Bruno Matos yang menjadi andalan juga bermain kurang maksimal.

Lini depan Persija seakan merindukan sosok Marko Simic. Escobar yang digadang-gadang bakal jadi pengganti Simic, tampaknya belum memberikan performa yang bagus.

Bepe yang musim lalu selalu menjadi pelapis Simic, kini seperti kehilangan sentuhan karena jarang mendapat kesempatan bermain oleh Ivan Kolev.

Kehilangan Novri dan Rezaldi di sisi kiri pun juga menjadi masalah bagi Persija. Rezaldi harus menepi lebih lama lagi karena sedang pemulihan cedera, begitu juga Novri yang mengalami cedera pasca kembali dari timnas.

Alhasil, Tim Macan Kemayoran kembali kalah dari Ceres Negros dengan skor 1-0 di fase grup Piala AFC 2019. Di laga itu pemain pengganti pun tidak mampu memberikan perubahan. Bahkan pelatih Kolev kembali memainkan pemain belakang untuk dijadikan pemain depan karena kehabisan stok pemain.

Masih perlukah Persija menambah pemain jelang bergulirnya Liga 1 2019? Tentu jawaban perlu masih ada beberapa posisi yang harus dicari pelapisnya.

Paling krusial tentunya lini depan. Seperti disebutkan di atas lini depan Persija mandul selepas tidak adanya Marko Simic karena masih terlibat masalah hukum di Australia. Penggantinya Escobar belum menunjukkan tajinya. Begitu juga penyerang lokal di Persija saat ini juga belum bisa berkontribusi.

CEO Persija Ferry Paulus mengatakan sektor depan akan kedatangan satu pemain naturalisasi. Menariknya ia memberikan petunjuk saat ini pemain itu baru mau selesai akan proses naturalisasinya. Saat ini bila dilihat nama pemain depan yang sedang mengurusi proses naturalisasi ada nama Hilton Moreira.

Meski usianya termasuk uzur penampilannya musim lalu cukup bagus. Pada musim terakhirnya, saat berseragam Persipura di Liga 1 2018, Hilton sebenarnya tampil cukup baik. Dalam 29 laga yang ia mainkan, 11 gol sukses dibuatnya.

Selanjutnya mungkin di sektor tengah ada kemungkinan pencoretan untuk pemain lokal. Ada beberapa nama yang kemungkinan disingkirkan. Di antaranya Nugroho Fatchu Rochman dan Septinus Alua. Keduanya kerap jadi cadangan mati di skuad Macan Kemayoran musim ini.

Mungkin peran mereka digantikan dengan pemain baru. Salah satunya Muhammad Lutfi Kamal. Pemain Timnas U-23 ini disebut akan tinggalkan Mitra Kukar yang bakal tampil di Liga 2 2019.

Sebagai pemain yang berada di klub degradasi, Muhammad Luthfi Kamal memang disebut sebagai salah satu pemain yang akan pergi. Salah satu klub yang disebut semakin merapat adalah Persija. Apalagi ia asli Jakarta tentunya akan mudah bagi Lutfi untuk bermain karena dekat dari rumahnya.

Di sektor bek sayap bisa jadi lubang sendiri bagi Persija. Kolev selalu memainkan Dany Saputra maupun Ismed di bek kanan maupun kiri. Penggantinya pun belum memberikan bukti seperti Anan Lestaluhu maupun Tony Sucipto sepertinya sulit menggeser kedua pemain ini. Rezaldi pun juga masih mengalami cedera. Sayangnya stok bek sayap tidak melimpah di Indonesia. Persija bisa saja meminjam pemain. Salah satunya dari Bali United yang memiliki skuad gemuk. Dias Angga bisa jadi opsi.

Terakhir bek tengah, saat ini Persija hanya memiliki tiga bek tengah. Yakni Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, dan Steven Paulle. Salah satu incaran Persija adalah Achmad Jufriyanto. Peluang Persija Jakarta untuk mendapatkan Achmad Jufriyanto cukup besar.

Achmad Jufriyanto saat ini sedang tidak memiliki klub pasca-memutuskan mundur dari klub asal Malaysia, Kuala Lumpur FA.

Achmad Jufriyanto memutuskan untuk fokus menyembuhkan cederanya. Kendati demikian, Persija Jakarta terancam gagal mendapatkan mantan pemain Persib Bandung tersebut. Selain Persija Jakarta, Achmad Jufriyanto dikabarkan juga dilirik oleh beberapa klub papan atas di Indonesia.

Dua klub yang dikabarkan berpeluang mendapatkan Achmad Jufriyanto adalah Persib Bandung dan Barito Putera. Tentunya ini hanya prediksi, tinggal tunggu saja sepak terjang Persija dalam mendatangkan pemain baru.

Komentari Artikel Ini