Klasemen Liga Inggris 16 April 2019: Duo London Utara Pimpin Balapan Empat Besar

Persaingan memperebutkan tiket empat besar tak kalah menarik dengan balapan juara antara Liverpool dan Manchester City.

Sepakbola.com – Kemenangan Arsenal dengan skor tipis 1-0 di kandang Watford, Selasa (16/4/2019) dini hari WIB, membawa The Gunners kembali ke peringkat empat Klasemen Liga Inggris 16 April 2019. Mengoleksi 66 poin, Arsenal menggeser Chelsea yang punya poin sama ke peringkat lima. Arsenal unggul surplus empat gol dari Chelsea.

Tambahan tiga poin untuk Arsenal juga membuat persaingan berebut tiket ke Liga Champions semakin ketat. Tottenham Hotspur yang berada di peringkat ketiga hanya unggul satu poin dari Arsenal dan Chelsea. Pada pekan ke-34, Spurs menang telah 4-0 saat menjamu Huddersfield. Sementara itu Manchester United, yang menempati tangga keenam setelah menang dramatis saat menjamu West Ham, tertinggal dua poin dari duo London.

Saat ini, Chelsea berada di posisi yang kurang menguntungkan karena menempati posisi kelima meski telah bermain 34 pertandingan. Chelsea telah bermain satu pertandingan lebih banyak dibandingkan dengan Spurs, Arsenal dan MU yang tengah bersaing ketat untuk finish empat besar.

Menuju pekan krusial

Persaingan empat tim untuk memperebutkan dua tiket Liga Champions menjadi bumbu penyedap dari persaingan Liverpool dan Manchester City berebut gelar juara. Posisi The Reds dan The Citizens tak berubah dari pekan sebelumnya setelah kedua tim sama-sama meraih kemenangan di pekan ke-34 yang berlangsung Minggu (14/4/2019).

Pasukan Pep Guardiola sempat mengambil alih puncak klasemen lewat kemenangan skor 3-1 di Selshurst Park kandang Crystal Palace. Namun takhta hanya bertahan kurang dari tiga jam karena Liverpool kemudian melibas Chelsea dengan skor 2-0 di Anfield untuk kembali menguasai tabel klasemen.

Liverpool tetap unggul dua poin di atas pesaing terdekatnya yang memiliki satu laga sisa lebih banyak. Manchester City punya laga tunda kontra Manchester United di Old Trafford yang dijadwalkan akan digelar pada 25 April atau setelah pertandingan pekan ke-35 selesai dimainkan. Sebelum derby Manchester digelar, ManCity terlebih dulu akan menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium pada 20 April sementara Liverpool akan bertandang ke kandang Cardiff City pada 21 April.

Klasemen Liga Inggris 16 April 2019. Premier League Table. Hasil pertandingan pekan 34 Liga Inggris. Klasemen top skorer Premier League.
Hasil pertandingan pekan 34 Liga Inggris.
Klasemen Liga Inggris 16 April 2019. Premier League Table. Hasil pertandingan pekan 34 Liga Inggris. Klasemen top skorer Premier League.
Klasemen Liga Inggris 16 April 2019. (Premier League pekan 34)

Salah samai gol Aguero

Persaingan ketat juga terjadi dalam perburuan sepatu emas bagi pemain tersubur di Liga Inggris 2018-2019. Tambahan satu gol ke gawang Chelsea membawa penyerang Liverpool Mohamed Salah menyamai koleksi gol penyerang Manchester City Sergio Aguero. Keduanya kini memuncaki tabel top skorer sementara dengan catatan 19 gol.

Menyusul di belakang Salah dan Aguero ada nama Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) dan Sadio Mane (Liverpool). Keduanya mengoleksi 18 gol atau hanya terpaut satu gol dari dua nama teratas. Pada pekan ke-34, Aubameyang menambah satu gol di
kandang Watford sementara Mane ikut membobol gawang Chelsea seperti halnya Salah.

Dua pesaing berikutnya telah mengoleksi 17 gol. Mereka adalah Harry Kane (Tottenham Hotspur) dan Raheem Sterling (Manchester City). Sayangna Kane saat ini mengalami cedera cukup parah yang membuatnya tersingkir dari persaingan top skorer meski hanya berjarak dua poin dari puncak tabel.

Klasemen Liga Inggris 16 April 2019. Premier League Table. Hasil pertandingan pekan 34 Liga Inggris. Klasemen top skorer Premier League.
Klasemen top skorer Premier League (Pekan 34 Liga Inggris).

Komentari Artikel Ini