Manchester United Sudah Mengidentifikasi Pengganti Ideal David De Gea

Jika kesepakatan kontrak baru tak tercapai, Manchester United berpeluang melepas David De Gea akhir musim ini ketimbang terancam kehilangan gratis di musim berikutnya.

Sepakbola.com – Kiper Atletico Madrid Jan Oblak menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan kiper Manchester United David De Gea seandainya penjaga gawang Spanyol itu memilih untuk keluar dari Old Trafford menurut laporan media Inggris, Metro.

Kontrak De Gea, setelah ditambah opsi perpanjangan setahun, akan tersisa 15 bulan lagi di Theatre of Dreams. Dan hingga kini hanya mendapat sedikit kemajuan untuk negosiasi perpanjangan kontraknya.

Kiper asal Spanyol memenangkan empat dari lima gelar terakhir Pemain Terbaik Tahunan Manchester United. Ia ingin gajinya disetarakan dengan Alexis Sanchez yang mendapatkan sekitar 400.000 per minggu (sekitar Rp.7,3 miliar).

Namun, United secara pribadi mengakui mereka melakukan kesalahan untuk memberi gaji tinggi kepada bintang Chili tersebut. Setan Merah tidak akan memenuhi tuntutan De Gea. Mereka khawatir gaji tinggi pemain bintang akan menciptakan lebih banyak masalah.

Sekarang ada ketakutan De Gea akan meninggalkan klub, baik dengan potongan harga musim panas ini atau transfer gratis pada tahun 2020.

Meskipun United sangat ingin mempertahankan kiper Spanyol ini, mereka tahu ini ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir dia inginkan meninggalkan klub. Petinggi MU merasa mereka tidak punya pilihan selain menerapkan rencana pengganti.

Butuh dana 100 juta pounds

Oblak dikabarkan telah didentifikasi sebagai pengganti potensial De Gea sejak tahun 2017 ketika Real Madrid berusaha merekrut De Gea untuk kedua kalinya. Meski kemudian De Gea tetap bertahan di Old Trafford tetapi sebuah sumber mengatakan kepada Metro, United tetap menjaga minat mereka pada Oblak. Kiper Slovenia itu dianggap sebagai ‘pengganti ideal’ jika De Gea pergi.

Pemain berusia 26 tahun itu telah mencatatkan 115 clean sheet dari 203 pertandingan untuk Atletico. Klub elite La Liga itu sempat kesulitan mencapai kesepakatan kontrak baru selama 18 bulan terakhir untuk menghapus klausa pelepasan 87 juta poundsterling dalam kontraknya.

Pada akhirnya Oblak menandatangani kesepakatan baru dengan Atletico baru-baru ini. Kontrak baru mengikatnya hingga 2023 di Wanda Metropolitano dan memasukkan klausul rilis baru yang lebih tinggi.

Namun, United tahu mereka bisa mengamankan kepindahan Oblak dengan iming-iming transfer 100 juta poundsterling. Menjual De Gea musim panas ini menjadi pilihan paling masuk akal ketimbang membiarkannya pergi dengan gratis 12 bulan kemudian.

Terlepas dari situasi kontraknya, De Gea kemungkinan akan dibanderol 90 juta poundsterling di pasar bursa transfer. Oblak diyakini mau pindah ke Premier League ketimbang ke klub rival Liga Sanyol. Itu menjadi opsi yang paling mungkin karena pindah ke Real Madrid atau Barcelona akan jadi pilihan sulit. (Sumber: metro)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini