Mantan Pimpinan Federasi Brasil Dihukum Larangan Aktifitas Sepakbola Seumur Hidup

Sepakbola.com, Rio – Mantan Presiden Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF) Jose Maria Marin diberi larangan seumur hidup dari semua kegiatan yang berkaitan dengan sepakbola karena masalah korupsi, kata FIFA.

Pria berusia 86 tahun itu juga didenda 1 juta franc Swiss (Rp14 miliar) dan diperintahkan untuk menebus 3,34 juta, menurut kantor berita Xinhua melaporkan.

Marin yang saat ini menjalani hukuman empat tahun penjara di Amerika Serikat usai dinyatakan bersalah atas tuduhan suap tahun lalu. Dia dinyatakan bersalah oleh komite etika FIFA karena menerima pembayaran ilegal imbalan hak media dan pemasaran.

“Dalam keputusannya, majelis hakim Marin telah melanggar Pasal 27 (Suap) dari Kode Etik FIFA dan, sebagai akibatnya, melarangnya seumur hidup dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola (administrasi, olahraga atau lainnya) baik tingkat nasional dan internasional,” kata FIFA dalam pada hari Senin (1/4).

Pendahulu Marin sebagai presiden CBF, Ricardo Teixeira dan penggantinya, Marco Polo del Nero, juga didakwa atas tuduhan korupsi oleh otoritas Amerika Serikat, tetapi belum diekstradisi.

Performa Brasil juga sedang menurun beberapa tahun terakhir, mereka gagal di Piala Dunia 2014 dan 2018, terakhir di kompetisi besar mereka kalah 1-2 dari Belgia di perempatfinal. Tetapi, mereka mulai bangkit dari pertandingan terakhir, menang 1-3 melawan Republik Ceko. Kompetisi mereka berikutnya adalah Copa America pada bulan Juni. (Sumber: sportskeeda.com)

Komentari Artikel Ini