Peringkat Liga 1 Indonesia Di Ranking AFC Masih Terpuruk

Sepakbola.com, Jakarta – Konfederasi sepakbola Asia alias AFC mengumumkan peringkat kompetisi. Liga 1 Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negara Asean lainnya.

Peringkat ini digunakan untuk jatah negara pada dua turnamen, yakni Liga Champions Asia dan AFC Cup. Dalam rilis terbaru ini, Chinese Super League jadi yang terbaik di Asia setelah melesat ke nomor satu.

Sementara Thailand menempati peringkat ke delapan Asia, atau yang terbaik di Asean. Selanjutnya ada Filipina di peringkat ke-12 Asia. Liga Singapura sukses meraih peringkat ke-16 Asia. Sementara Malaysia turun dua peringkat dan menghuni urutan 17 Asia.

Sedangkan di peringkat lima Asean ada Vietnam atau posisi ke-22 Asia.  Disusul Myanmar di peringkat 25 Asia. Liga 1 Indonesia sendiri ada pada posisi ke-26 Asia.

Salah satu alasan Indonesia terpuruk karena dampak sanksi pembekuan FIFA pada 2016 dan 2017, sehingga tak ada wakil Indonesia di kompetisi Asia. Indonesia kemudian terbantu dengan poin klub Persija di AFC. Musim lalu keberhasilan Persija lolos ke semifinal Piala AFC zona ASEAN membuat nilai koefisien Liga 1 Indonesia bertambah.

Tidak hanya itu, lolosnya Persija hingga putaran Kedua Kualifikasi Liga Champions Asia musim ini juga membuat nilai tersebut meningkat drastis. Pada 2019 misalnya. Indonesia meraih 2.100 poin

Pada tahun depan, Indonesia tetap mendapatkan jatah ke Asia namun harus kembali mengawali perjuangan dari kualifikasi pertama, seperti Persija Jakarta tahun ini. (Sumber: AFC)

Komentari Artikel Ini