Alasan Bima Coret 13 Pemain, Termasuk Tristan Alif

Sepakbola.com, Jakarta – Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti akhirnya mengungkap alasan kenapa dirinya mencoret 13 pemain dari 41 pemain untuk dipulangkan dalam seleksi tahap pertama. Dalam 13 pemain tersebut terdapat nama Tristan Alif.

Bima sendiri memiliki alasan khusus mencoret nama-nama tersebut. Menurutnya, pemain yang tersisih itu bukan karena mereka tidak layak untuk bersaing. Melainkan, karena kebutuhan tim.

“Banyak talenta bagus sudah terasah dalam proses seleksi dan pemusatan latihan ini. Saya melihat, anak-anak sudah terbiasa bersaing di kompetisi. Mereka semua saling menunjukkan kemampuannya untuk menjadi yang terbaik, agar terpilih masuk tim ini. Itu yang membuat saya sedikit berpikir lebih, dalam memulangkan pemain. Bukan berarti saya tidak tahu siapa yang akan saya pertahankan dan pulangkan,” jelas Bima

“Artinya, ada perbedaan antara pemain A dan B di satu posisi itu sangat ketat, karena mereka terbiasa dengan bersaing di kompetisi. Dan saya pikir karena ini kebutuhan tim sebagian pemain harus pulang,” lanjutnya.

Pernyataan Bima diperkuat oleh asisten pelatih, Indriyanto Nugroho. Dalam memilih pemain, Indriyanto menambahkan tim punya rumus IGT (Individual, Grup, Tim). Maksudnya, pemain tersebut harus memiliki individual yang mumpuni, kompak di dalam grup baik di luar dan dalam lapangan, serta mampu bermain secara tim.

“Kami juga harus menilai ke depan, tidak hanya melihat kualitas individu, tapi juga attitude, teknik, skill, dan mental. Baru nanti penilaian lebih detail mengenai pemahaman mereka terkait Filosofi Sepak Bola Indonesia,” kata Indriyanto.

Lebih lanjut rencananya tidak ada pencoretan lagi hingga kini. Tim pelatih akan fokus menggunakan 28 pemain untuk membuat skuat yang tangguh.

Komentari Artikel Ini