Inilah Wasit Final Liga Champions Liverpool Vs Tottenham Hotspur

Damir Skomina akan memimpin pertandingan final Liga Champions pertama sepanjang kariernya.

Sepakbola.com, London – UEFA telah mengonfirmasi bahwa Damir Skomina akan menjadi wasit Final Liga Champions antara Tottenham dan Liverpool pada Juni mendatang.

Spurs dan Liverpool sama-sama menghasilkan ‘comeback’ luar biasa di babak semifinal melawan Ajax dan Barcelona masing-masing untuk mencapai final. Dan kedua klub Inggris itu akan bentrok di Stadion Wanda Metropolitano milik Atletico Madrid.

Wasit asal Slovenia itu kini telah dipilih sebagai pengadil yang akan memimpin pertandingan antara Spurs dengan The Reds. Sosok berusia 42 tahun tersebut memiliki banyak pengalaman baru-baru ini di putaran final Eropa.

Skomina memimpin pertandingan final Liga Europa antara Manchester United dan Ajax pada 2017, dan ia juga memimpin pertandingan Piala Super UEFA yang dimenangkan Atletico Madrid pada tahun 2012.

Setelah menjadi wasit keempat di Final Liga Champions 2013, ketika Bayern Munich mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1 di Wembley, ia kini dianugerahi penghargaan tertinggi untuk wasit di level klub di Eropa.

Skomina telah memimpin empat pertandingan Liga Champions musim ini, dan satu pertandingan Liverpool, saat mereka meraih kemenangan 1-0 yang vital melawan Napoli untuk memastikan diri ke babak sistem gugur.

Dia juga memimpin kemenangan Manchester United yang sensasional atas PSG di Paris pada babak 16 besar. Ia membuat keputusan besar di pertandingan itu, dengan memberikan penalti kepada Manchester United  setelah berkonsultasi dengan VAR.

Liverpool dan Tottenham Hotspur akan memasuki pertandingan final ini dengan kondisi kebugaran yang sangat baik setelah mendapatkan waktu istirahat yang mencukupi. Kompetisi Liga Inggris telah berakhir, dan keduanya tidak bermain di final Piala FA akhir pekan ini. Tottenham khususnya membutuhkan waktu istirahat setelah banyak pemain kunci mereka yang mengalami cedera.

Wasit Final Liga Champions 2019

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Asisten Wasit: Jure Praprotnik, Robert Vukan (keduanya dari Slovenia)

Ofisial keempat: Antonio Mateu Lahoz (Spanyol)

Video Asisten Wasit: Danny Makkelie (Belanda)

Asisten VAR: Pol van Boekel (Belanda), Felix Zwayer (Jerman)

Offside VAR: Mark Borsch (Jerman)

(Sumber: Standard)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini