Jelang Final Liga Champions, Klopp Ingin Liverpool Pertahankan Standar Tinggi

Sepakbola.com, Liverpool – Jurgen Klopp menegaskan perlu memastikan pemainnya tidak kendur di sesi latihan, demi menjaga standar tinggi yang sudah mereka jaga hingga menuju Final Liga Champions.

Musim ini The Reds lolos ke Final Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun, dan mereka menjadi runner-up Premier League di bawah Manchester City dengan rekor poin tertinggi 97. Klopp sadar tidak ada kesempatan untuk timnya melakukan kesalahan, saat mereka bersiap menghadapi Tottenham di Madrid pada Minggu (2/6) dini hari WIB.

Manajer asal Jerman itu mengaku kagum dengan penampilan skuat asuhannya, tapi tak akan membiarkan dirinya larut dalam pencapaian sejauh ini.

“Saya tidak bisa bangga kepada para pemain secara berlebihan, bahkan kami pada saat ini tidak akan melakukannya,” katanya dilansir web site resmi Liverpool FC.

“Saya harus menendang bagian belakang mereka saat latihan, saya harus mendorong mereka, saya harus membuat mereka tetap terjaga.

“Saya bangga, sangat bangga , tapi ini bukan momen untuk merasakannya; ini adalah momen untuk benar-benar merasakan setiap otot dan penting bagi kita untuk mengatakan, ‘Oke, ayolah, kita perlu segalanya untuk melakukannya karena kita menginginkannya’.”

Seperti singa belum makan 6 minggu

Ada banyak sorotan yang tertuju kepada penampilan Si Merah musim ini. Salah satunya saat mereka menang dramatis melawan Barcelona di semifinal Liga Champions.

Tertinggal 3-0 setelah bermain di Camp Nou, pasukan Klopp menampilkan performa gemilang untuk membalikkan keunggulan dengan kemenangan 4-0 di Anfield.

“Bagi saya, momen kunci dalam pertandingan itu adalah kick-off: mereka mengoper bola kembali dan kami melompat ke atas mereka,” lanjut Klopp.

“Saya menggambarkannya kepada anak-anak sebagai singa yang belum diberi makan selama delapan minggu!

“Saya seperti ‘wow! Oke, itu awal yang bagus. Begitulah cara kerjanya’. Dan kemudian kami mencetak gol dan kemudian itu menjadi pertandingan terbuka.”

Klopp secara kontinyu menekankan bahwa yang paling penting baginya adalah kemajuan yang dibuat timnya. Dia menginginkan tim besutannya untuk tetap lapar dan haus akan trofi.

“Cukup sering, saya benar-benar tersentuh dengan apa yang dilakukan anak-anak itu, mencetak gol, melawan pertarungan yang kami perjuangkan dan semua itu,” lanjut Klopp yang menelan kekalahan di enam final terakhirnya.

“Itu istimewa dan tentu saja Anda tidak selalu dapat melakukannya. Kami memiliki banyak potensi dalam tim dan para pemain menggabungkannya dengan sikap yang belum pernah saya lihat sebelumnya, dan itu sangat luar biasa.

“Dan itulah yang saya maksud ketika saya mengatakan mereka adalah ‘monster mentalitas’.

“Kami melihat perkembangan tim, kami tahu apa yang kami lakukan, kami banyak meningkatkannya sehingga sulit dipercaya.

“Jika ada hadiah untuk pengembangan terbesar dalam 12 bulan terakhir maka itu akan diberikan kepada The Reds, begitulah adanya.

“Para pemain melakukan pekerjaan yang benar-benar luar biasa, tapi kami mendapatkannya karena memenangkan kompetisi, jadi kami ingin memenangkan kompetisi dan jika tidak maka harus sedekat mungkin.

“Itu cukup banyak, terlepas dari kemenangan, hal terbaik yang bisa terjadi, sedekat mungkin karena itu membuat hal-hal lebih mudah dijangkau daripada tidak terjangkau, itu sangat penting,” tandas pelatih 51 tahun itu. (Sumber: Liverpool FC)

 

Penulis: Maulana Habibi
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini