Kabar Buruk Untuk Arsenal Jelang Final Liga Europa

Minimnya daya tampung hotel dan akomodasi di Baku, Azerbaijan, menjadi alasan UEFA membatasi jumlah kuota tiket untuk pendukung Arsenal dan Chelsea.

Sepakbola.com, London – Bagi sebagian penggemar Arsenal harus merasakan patah hati karena mereka tidak bisa sepenuhnya memberikan dukungan kepada Arsenal di final Europa League. Pasalnya, kuota tiket yang disediakan cukup terbatas menurut direktur pelaksana Arsenal, Vinai Venkatesham.

Dua klub asal London Arsenal dan Chelsea yang akan bertarung di partai pamungkas, telah dirundung perasaan khawatir dengan gelara final yang akan dilaksanakan di ibukota Azerbaijan pada 29 Mei.

Baik Arsenal dan Chelsea menyatakan kekecewaan dengan alokasi sekitar 6.000 tiket masing-masing untuk pendukung mereka, padahal Stadion Olimpiade dapat menampung kapasitas sekitar 69.870.

Perjalanan jauh menjadi masalah bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan pulang pergi sepanjang 5.000 mil dari London untuk melihat tim mereka berupaya mengangkat trofi. Direktur kompetisi UEFA Giorgio Marchetti telah menulis surat kepada Arsenal tentang masalah yang terjadi.

Venkatesham menerima keputusan UEFA tentang beberapa aspek yang cenderung memberatkan. Ia kemudian mengungkapkan bahwa para pendukung telah menghubungi untuk mengungkapkan rasa frustrasi mereka sendiri.

“Saya akan mengatakan bahwa, dari sudut pandang klub, kami benar-benar kecewa bahwa kami harus berada dalam situasi sulit ini di saat kami bermain di final Eropa. Dan, karena masalah perjalanan, jumlah tiket maksimum yang dapat disediakan untuk penggemar kedua klub adalah 6.000,” kata Venkatesham kepada Arsenal Media.

“Jadi kami akan bermain di stadion yang lebih besar dari Stadion Emirates dan kedua klub hanya akan mendapatkan 6.000 tiket. Ini sangat mengecewakan.”

Venkatesham menambahkan: “Kami telah menerima telepon dan surat dan banyak lagi dari penggemar yang patah hati karena mereka tidak dapat pergi ke final. Padahal [mereka telah] mengikuti Arsenal pulang dan pergi selama bertahun-tahun.”

Potensi gangguan untuk Mkhitaryan

Arsenal terus bekerja dengan Kantor Luar Negeri setelah muncul pemegang tiket musiman dengan dua kewarganegaraan Inggris dan Armenia telah ditolak untuk mengunjungi Baku, karena ketegangan dengan negara tetangga Azerbaijan.

Pemain tengah Gunners Henrikh Mkhitaryan, yang juga kapten tim nasional Armenia, mengundurkan diri dari pertandingan grup Liga Europa melawan Qarabag di Baku awal musim ini.

Namun, duta besar Azerbaijan untuk Inggris, Tahir Taghizadeh, menyatakan tidak ada alasan untuk khawatir menjelang final.

Taghizadeh mengatakan kepada Sky Sports: “Saya akan mengatakan (kepada Mkhitaryan) ‘Anda adalah atlet profesional, Anda adalah pemain sepakbola, dan pemain sepakbola kelas A’, jadi mari pastikan ini adalah acara kelas A jadi tujuannya adalah membuat laga ini luar biasa.”

“Jika tujuan kita adalah memainkan permainan politik di sekitarnya, itu adalah sesuatu yang berbeda, tapi saya harap tidak, karena Anda (Mkhitaryan) dibayar sebagai pemain sepak bola, bukan sebagai politisi. Jadi mari kita kesampingkan masalah lain.” tegas sang duta besar Azerbaijan untuk Inggris. (Sumber: Standard.co.uk)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini