Klasemen Akhir Liga Inggris 2018-2019: Gelar Back-To-Back Untuk Manchester City

Manchester City menjadi juara Liga Inggris 2018-2019 dengan koleksi 98 poin hasil 32 kali menang, dua kali imbang dan empat kali kalah.

Sepakbola.com – Manchester City memastikan menggondol trofi Premier League keempat mereka lewat kemenangan 4-1 di kandang Brighton, Minggu (12/5/2019) pada laga pamungkas musim 2018-2019. Secara keseluruhan ini menjadi trofi keenam City di kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris. Ini menjadi keberhasilan The Cityzens memenangi gelar beruntun (back-to-back) Premier League sejak terakhir kali Manchester United lakukannya sepuluh tahun silam.

Koleksi empat trofi era Premier League, menempatkan Manchester City di peringkat ketiga tim dengan trofi terbanyak setelah Manchester United (13 trofi) dan Chelsea (5). Empat trofi The Citizens mereka kumulkan dalam kurun waktu delapan musim terakhir.

ManCity mengoleksi 98 poin atau satu poin lebih banyak dari Liverpool yang mengumpulkan 97 poin setelah menutup musim dengan kemenangan skor 2-0 saat menjamu Wolverhampton di Anfield. Dua gol kemenangan Liverpool diborong bintang Senegal, Sadio Mane.

Kegagalan The Reds mengamankan trofi cukup menyakitkan mengingat 97 poin yang mereka dapat terbilang tinggi. Hanya musim 2017-2018 dan 2018-2019 saja juara Premier League mengumpulkan lebih banyak poin dari Liverpool musim ini. Atau dengan kata lain mereka bisa menjuarai 25 edisi Premier League lainnya dengan poin 97.

Hasil Pertandingan Pekan 38 Liga Inggris 2018-2019
Hasil Pertandingan Pekan 38 Liga Inggris 2018-2019.

Rekor apik MU ternoda

Pekan terakhir Premier League memang hanya menyisakan kepastian juara karena komposisi tujuh besar klasemen tak bisa banyak berubah. Begitu juga dengan tiga tim terbawah yang akan terdegradasi juga sudah ditentukan. Tottenham Hotspur memantapkan posisi empat klasemen lewat hasil imbang 2-2 lawan Everton. Spurs memang datang menuju laga dengan cukup nyaman karena mereka punya modal surplus delapan gol yang harus dikejar Arsenal. Dan tambahan satu poin menghindarkan penentuan empat besar melalui perhitungan selisih gol.

Sementara itu Arsenal yang bertandang ke markas Burnley mencatat kemenangan skor 3-1. Kemenangan tersebut tak mengubah posisi mereka di peringkat lima klasemen yang menjamin tempat mereka di fase grup Liga Europa. Meski begitu The Guners masih bisa menyulap tiket Liga Europa menjadi Liga Champions andai juara Liga Europa.

Hampir serupa dengan Tottenham, Chelsea juga memilih bermain santai karena tiket Liga Champions telah mereka pastikan sebelum bertandang ke markas Leicester City. The Blues yang akan jadi lawan Arsenal di Final Liga Europa membawa pulang satu poin dari hasil imbang tanpa gol.

Manchester United menjadi klub elite yang paling merana di pertandingan terakhir. Secara mengejutkan mereka ditekuk tim degradasi Cardiff City dengan skor 0-2 di Old Trafford. Ini memberi noda pada rekor tak pernah kalah di laga pamungkas yang mereka catat sejak musim 2006-2007. Meski kekalahan tak lagi berpengaruh pada posisi klasemen namun ini meberi kekecewaan pada suporter. Kekalahan sekaligus memberi mood buruk bagi klub dan suporter menuju persiapan musim depan yang akan jadi musim penuh pertama Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer.

Klasemen AKhir Liga Inggris 2018-2019
Klasemen Akhir Liga Inggris 2018-2019.

Trio Afrika menangi sepatu emas

Pekan 38 Liga Inggris memberi akhir unik pada perburuan sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim ini. Penyerang Liverpool Mohamed Salah yang mengoleksi 22 gol punya keunggulan dua gol dari para pesain terdekat jelang laga pamungkas gagal menambah pundi gol saat Liverpool menjamu Wolves.

Sementara itu tiga pesaing terdekat yang sukses membobol gawang lawan di matchday 38. Sadio Mane (Liverpool) dan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) sama sama menambah dua gol untuk menyejajarkan catatan gol mereka dengan Salah. Sementara Sergio Aguero (Manchester City) hanya menambah satu gol. Alhasil ada tiga pemain, yang semuanya dari Afrika, di puncak klasemen akhir top skorer Liga Inggris musim 2018-2019.

Klasemen Top Skorer Liga Inggris 2018-2019
Klasemen Top Skorer Liga Inggris 2018-2019.

Komentari Artikel Ini