Penyidik UEFA Rekomendasikan Embargo Liga Champions Untuk Manchester City

New York Times mengklaim mendapat bocoran dari sumber terpercaya mengenai rekomendasi hukuman setahun di kompetisi Eropa untuk Manchester City.

Sepakbola.com, Manchester – Panel UEFA yang menyelidiki tuduhan keuangan kepada Manchester City diperkirakan akan membuat juara Liga Inggris menerima larangan satu tahun tidak boleh berkompetisi di Liga Champions.

UEFA membuka penyelidikan atas dugaan penyimpangan keuangan di klub awal tahun ini. Namun City membantah melakukan kesalahan dan mengatakan tuduhan itu sepenuhnya salah.

Manchester City ajukan protes

Juara Liga Premier telah mengatakan keberatannya tentang laporan yang muncul, berawal dari berita yang ditayangkan oleh New York Times. The Cityzens berdalih telah bersepakat dengan otoritas terkait untuk tidak membuat komentar apapun sebelum penyelidikan selesai.

Berita di New York Times menyebut penyidik akan merekomendasikan hukuman setahun tidak bisa bermain di Liga Champions untuk City, sebelum pernyataan resmi dibuat oleh badan tertinggi sepakbola Eropa (UEFA).

“Manchester City FC sepenuhnya bekerja sama dengan itikad baik pada investigasi yang sedang berlangsung CFCB IC (majelis pengawasan badan keuangan klub),” bunyi pernyataan resmi klub Sheikh Mansour.

“Dalam melakukan hal itu klub bergantung pada independensi dan komitmen IC CFCB untuk proses yang seharusnya; dan pada komitmen UEFA 7 Maret bahwa ‘… tidak akan membuat komentar lebih lanjut tentang masalah ini sementara penyelidikan sedang berlangsung’.”

“Laporan New York Times mengutip ‘orang yang akrab dengan kasus ini’ membuatnya sangat memprihatinkan.”

“Implikasinya adalah bahwa niat baik Manchester City dalam CFCB IC salah tempat atau proses CFCB IC sedang salah diartikan oleh individu yang bermaksud merusak reputasi klub dan kepentingan komersialnya. Atau keduanya.”

“Nota pembelaan yang diterbitkan Manchester City penuh dan lengkap serta masalah catatan hukum dan peraturan.”

“Tuduhan penyimpangan keuangan sepenuhnya salah, dan bukti komprehensif dari fakta ini telah diberikan kepada IC CFCB.”

UEFA tutup mulut

Sebuah pernyataan dari UEFA berbunyi: “Kami tidak mengomentari investigasi yang sedang berlangsung mengenai masalah keuangan yang adil.”

Jika memang terbukti bersalah atas kasus penyimpangan keuangan, maka ini akan menjadi pukulan besar. Pasalnya City baru saja memenangkan gelar Premier League, dan risiko tak bermain di Liga Champions musim depan akan menjadi kerugian yang sangat besar. (Sumber: Sky Sports)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini