Panduan Final Europa League 2019: Chelsea Vs Arsenal

Sepakbola.com, Baku – Setelah di ajang Liga Champions menampilkan dua wakil Inggris di final, Europa League juga menghadirkan All English Final setelah Chelsea dan Arsenal dipastikan melaju ke partai puncak.

Menjadi pertama kalinya dalam sejarah, final dua kejuaraan antar-klub Eropa itu diisi oleh wakil Inggris. Ini menjadi progres yang sangat pesat, menyusul dominasi La Liga selama kurun waktu 10 tahun terakhir yang sulit diganggu.

Untuk final Europa League yang memasuki edisi ke-10 sejak format terbaru, telah mempertandingkan 48 tim di seluruh penjuru Eropa. Tanggal 29 Mei malam waktu Eropa menjadi pilihan UEFA untuk melaksanakan laga pamungkas.

Sementara Olympic Stadium di Baku Azerbaijan akan menjadi tuan rumah dalam gelaran final tahun ini. Venue tersebut juga pernah menjadi tuan rumah kejuaraan Eropa 2015 dan pertandingan Solidaritas Islam pada 2017.

Sebanyak 37.500 tiket dari total kapasitas 64.000 kursi Olympic Stadium telah dipersiapkan UEFA untuk para suporter dari kedua finalis dan untuk penggemar sepakbola di penjuru dunia. Meski begitu UEFA belum menentukan berapa alokasi tiket yang akan diterima oleh masing-masing pendukung klub.

Sedangkan 26.500 tiket sisanya akan dialokasikan untuk panitia penyelenggara, asosiasi nasional, kerjasama komersil dan broadcaster. Untuk keuntungan penjualan tiket sendiri akan didonasikan untuk program kemanusiaan yang bekerjsama dengan rumah sakit setempat.

Chelsea Vs Arsenal

Final Europa League 2019: Chelsea Vs Arsenal

Chelsea harus kepayahan menyingkirkan Eintracht Frankfurt di semifinal. Mereka butuh babak adu penalti untuk mengyingkirkan Die Adler dengan skor 4-3, dengan Kepa Arrizabalaga tampil sebagai pahlawan penalti setelah menepis dua penembak terakhir Frankfurt.

Dari kubu lawan, Arsenal mungkin lebih mulus jalannya. Skuat besutan Unai Emery sukses mengalahkan Valencia dengan skor 4-2 di leg kedua, untuk memenangkan agregat 7-3. Ini akan menjadi kali keempat Emery mencoba memenangkan gelar Europa League, tiga sebelumnya ia persembahkan untuk Sevilla.

VAR

Tidak seperti pertandingan babak penyisihan grup hingga final di Champions League yang menggunakan Video Assistan Referee (VAR), Europa League belum menerapkan teknologi ini. UEFA sudah mengonfirmasikan bahwa VAR TIDAK akan digunakan di laga final di Baku.

 

Penulis: Maulana Habibi
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini