Pelatih Barcelona Tak Pernah Punya Niat Mundur

Kritik dan tuntutan pemecatan Ernesto Valverde muncul setelah langkah Barcelona di Liga Champions terhenti secara dramatis di fase semifinal lawan Liverpool.

Sepakbola.com, Barcelona – Sama sekali tak terlintas di pikiran Ernesto Valverde untuk mengundurkan diri sebagai pelatih Barcelona meski target utama menjuarai Liga Champions musim ini telah sirna.

Barca tersingkir dari Eropa dengan cara yang menyakitkan. Secara ajaib, Liverpool mampu membalikkan defisit 3-0 pada leg pertama untuk memenangkan semifinal mereka dengan agregat 4-3.

Kekalahan serupa terjadi setelah Barca tersingkir dari Liga Champions musim lalu dengan cara yang sama oleh Roma. Kegagagal itu memunculkan desas-desus soal masa depan sang pelatih. Para pemain senior juga tak lepas diterpa isu hengkang.

Namun Valverde bertekad untuk terus berjuang, dan ketika ditanya apakah dia mempertimbangkan untuk mengundurkan diri, dia mengatakan kepada wartawan: “Tidak, saya belum memikirkannya.”

Valverde berbicara setelah Barca mengalahkan Getafe 2-0 di Camp Nou dalam pertandingan kandang terakhir mereka musim ini.

Gol Arturo Vidal di babak pertama dan gol bunuh diri menjadi warna di pertandingan itu. Barca yang telah memastikan juara LaLiga kini unggul 11 poin dari pesaing terdekat dan mendapatkan kembali kepercayaan diri menjelang final Copa del Rey akhir bulan ini menghadapi Valencia.

Valverde berkata, seperti dilansir media Spanyol: “Sangat penting bagi kami untuk menang hari ini, untuk mengambil langkah maju.

“Pertandingan itu sulit karena mereka (Getafe) bermain untuk satu tempat di Liga Champions.

“Kami baik-baik saja di awal tetapi ketika pertandingan berlangsung kami menjadi lebih baik dan lebih baik dan saya pikir kami melakukannya dengan baik di babak kedua.”

Philippe Coutinho mengalami cedera hamstring dalam kemenangan itu, dan diperkirakan akan absen sekitar 10 hari.

Itu menjadi naik turun karier gelandang Brasil di Barca, karena masa depannya juga menjadi subyek spekulasi. Mantan bintang Liverpool ini dipastikan akan melewati laga pamungkas melawan Eibar di La Liga, tapi punya kemungkinan bisa kembali ke tim saat final Copa del Rey.

Peluang Getafe menipis

Kekalahan di Camp Nou membuat posisi Getafe di peringkat keempat tergusur oleh Valencia, yang mengalahkan Alaves di hari yang sama. Masih tersisa harapan kecil untuk mereka mendapatkan slot terakhir ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Aturan head to head di kompetisi Liga Spanyol menguntungkan Valencia. Kelelawar Mestalla yang punya 58 sama seperti Getafe unggul head to head dari Getafe. Mereka memenangi duel paruh pertama musim dengan skor tipis 1-0 sementara pertemuan kedua tim di paruh kedua berakhir imbang tanpa gol.

Getafe akan menjamu Villarreal sementara Valencia melakoni laga tandang ke Real Valladolid pada pertandingan terakhir LaLiga. Ini membuat persaingan empat besar semakin seru dan harus ditentukan di laga pamungkas. (Sumber: Daily Mail)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini