Presiden Barcelona Beri Dukungan Penuh Untuk Valverde

Kinerja Valverde telah diawasi sejak gagal dua kali secara beruntun, Barca tersingkir secara mengecewakan di fase sistem gugur Liga Champions UEFA.

Sepakbola.com, Barcelona – Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu telah mengonfirmasi manajer Ernesto Valverde akan tetap di klub musim depan.

Kinerja Valverde telah diawasi sejak gagal dua kali secara beruntun, Barca tersingkir secara mengecewakan di fase sistem gugur Liga Champions UEFA.

Tahun lalu, raksasa Catalan kalah 3-0 di Roma pada leg kedua perempat final, keluar dari kompetisi dengan gol tandang setelah memenangkan leg pertama 4-1 di Camp Nou.

Sedangkan baru-baru ini, Blaugrana dikalahkan 4-0 oleh Liverpool di Anfield pada leg kedua semifinal. Padahal Lionel Messi cs unggul dengan skor telak 3-0 di leg pertama.

Terlepas dari kekecewaan Liga Champions, beberapa pemain termasuk bek kiri Barcelona Jordi Alba masih mendukung pelatih. Begitu juga dengan sang presiden Josep Maria Batomeu, yang menyatakan manajemen masih memberikan dukungan untuk mantan pelatih Bilbao itu.

“Perencanaan untuk musim depan sudah berlangsung, untuk beberapa waktu. Ada lapisan yang telah ditandatangani dan kami akan membicarakannya setelah final (Copa del Rey),” ujar Bartomeu dikutip dari Per Sport.

“Valverde pernah mengatakan mendapat dukungan dari presiden dan dewannya. Dia pelatih yang kita inginkan. Ini adalah proyek jangka menengah dan panjang.”

“Dia memiliki kontrak dan kami sangat senang dengannya. Sekarang ini tentang para pemain yang pulih dari pukulan [gagal lolos final Liga Champions] hingga semangat mereka.”

Sementara Barca terus menelan rasa kecewa di panggung Eropa, mereka masih bisa mendominasi kompetisi di dalam negeri. Messi dan kolega tercatat hanya sekali menelan kekalahan di La Liga musim lalu, dan membuat mereka memenangkan gelar dengan keunggulan 14 poin. Mereka juga memenangkan Copa del Rey untuk tahun keempat secara beruntun.

Untuk tahun ini Barcelona sukses mempertahankan gelar La Liga, dengan masih unggul 11 poin dan tersisa satu pertandingan lagi. Sementara itu Barca akan menghadapi Valencia di final Copa.

Menyaksikan musuh bebuyutannya, Real Madrid memenangkan empat gelar Liga Champions dalam lima musim terakhir mungkin membuat publik Camp Nou geram. Terutama karena Barca lebih unggul dari Los Blancos di dalam negeri dan dalam pertemuan head to head di kancah domestik.

Memenangkan gelar liga domestik adalah indikasi yang lebih baik dari konsistensi dan kualitas daripada kompetisi sistem gugur. Jadi bisa dibilang Valverde telah menanamkan konsistensi yang bagus di La Liga.

Namun, dia tidak boleh lagi mengalami kegagalan di panggung Eropa, pasalnya sulit membayangkan dia bisa selamat dari kegagalan ketiga beruntun. (Sumber: Bleacher Report)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus

Komentari Artikel Ini