PSSI Dan PT LIB Sikapi Kerusuhan Di Laga Pembuka Liga 1 2019

Sekjen PSSI hingga Jurnalis jadi korban kericuhan suporter di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Sepakbola.com, Sleman – Laga pembuka Shopee Liga 1 2019 antara PSS Sleman versus Arema FC tercoreng oleh aksi tidak terpuji yang melibatkan dua kelompok pendukung tim. Pertandingan yang dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor 3-1 itu sempat diwarnai kericuhan.

Pada menit ke-30, terjadi keributan antara kedua suporter tersebut. Alhasil pertandingan pun sempat dihentikan sesuai regulasi.

Perangkat pertandingan meninjau situasi dalam waktu dua kali 30 menit sebelum memeutuskan melanjutkan pertandingan. Keputusan itu dikeluarkan usai melihat situasi telah kondusif dan ada jaminan dari pihak keamanan setempat. Total, pertandingan PSS vs Arema FC terhenti selama 55 menit.

Terkait fakta tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, menyampaikan sikap. Mereka akan memberikan keterangan resmi setelah mendapatkan laporan yang komprehensif dari beberapa pihak.

“Di antaranya panitia pelaksana setempat dan juga laporan dari pengawas pertandingan. Setelah itu kami akan mempelajarinya terlebih dulu secara detail,” jelas Direktur PT LIB, Dirk Soplanit.

Tak ganggu roda kompetisi

Sementara itu, Ratu Tisha menegaskan insiden kerusuhan suporter ini harus diusut tuntas. Saat ini, ia masih menunggu laporan dari panitia pertandingan (panpel) untuk mendalami kasus tersebut.

Tisha juga menjamin kerusuhan ini tidak akan mengganggu keberlangsung kompetisi. Ia yakin Liga 1 2019 akan berjalan dengan baik meski laga pembuka berlangsung rusuh.

“Kami optimistis kompetisi Liga 1 2019 terus berjalan. Untuk kasus ini panpel harus bertanggung jawab penuh jadi ditunggu saja laporannya,” tuturnya menambahkan.

Kerusuhan suporter ini dikarenakan adanya provokator. Sebanyak 10-15 orang sudah diamankan sebagai provokator.

Dalam pertandingan tersebut, PSS berhasil mengalahkan Arema FC 3-1. Tiga gol PSS dilesakkan oleh Brian Ferreira (2′), Yevhen Bokhashvili (59′), dan Rangga Muslim (85′). Satu gol Arema FC dicetak oleh Sylvano Comvalius pada menit ke-29.

Komentari Artikel Ini