[TOP 5] Kiper Penahan Tendangan Penalti Terbaik Di LaLiga

Sepakbola.com – Hukuman penalti adalah salah satu momok menakutkan bagi Kebanyakan kiper. Peluang gawang kebobolan dari eksekusi penalti tentu sangat tinggi. Meski begitu, momen penalti sebenarnya menjadi peluang untuk memamerkan kemampuan mereka menyelamatkan gawang. Label pahlawan penyelamat akan mereka dapat apalagi jika aksi heroik ditampilkan dalam momen menentukan atau di laga krusial.

Berikut lima kiper aktif yang menyandang rekor penyelamatan penalti terbaik di LaLiga Santander. Kiper yang masuk daftar ini paling tidak telah menghadapi lima penalti selama karier mereka di LaLiga. Pahlawan-pahlawan penalti diurutkan berdasarkan persentase penyelamatan penalti yang mereka catat. (Sumber: LaLiga Santander)

1. JORDI MASIP (R. VALLADOLID)

8 penalti 3 save, 38% rasio kesuksesan

Kiper Penahan Tendangan Penalti Terbaik Di LaLiga
Jordi Masip / Real Valladolid (Sumber: LaLiga Santander)

Kiper R.Valladolid ini memiliki rekor penyelamatan penalti terbaik dalam kategori ini, sebuah rekor yang luar biasa apalagi mengingat ini merupakan musim pertamanya bermain penuh sebagai pemain reguler di LaLiga Santander. Mantan kiper cadangan Barça ini telah menghadapi delapan momen penalti di musim 2018/19 dan telah berhasil menyelamatkan tiga diantaranya, termasuk satu penalti dari mantan rekan setimnya, Lionel Messi, yang sukses menyumbangkan tiga poin bagi klub yang baru saja dipromosikan ke LaLiga Santander ini.

2. KEYLOR NAVAS (REAL MADRID)

21 penalti 7 save, 33% rasio kesuksesan

Kiper Penahan Tendangan Penalti Terbaik Di LaLiga
Keylor Navas / Real Madrid (Sumber: LaLiga Santander)

Hanya 11 dari 21 penalti yang berhasil menyentuh jaring gawang Keylor Navas disepanjang karirnya di liga teratas. Tujuh dari 21 eksekusi berhasil dihalau oleh kiper asal Kosta Rika ini dan tiga sisanya melambung jauh dari gawang. Aksi penyelamatan heroik Kelyor Navas di Piala Dunia 2014 membuatnya dianggap sebagai kiper yang legendaris. Kondisi itu mungkin dapat menjawab mengapa lawan-lawannya merasa gugup ketika harus berhadapan dengannya di titik 12 meter di depan gawang.

3. JAN OBLAK (ATLÉTICO DE MADRID)

12 penalti 4 save, 33% rasio kesuksesan

Kiper Penahan Tendangan Penalti Terbaik Di LaLiga
Jan Oblak / Atletico Madrid (Sumber: LaLiga Santander)

Rasio penyelamatan penalti Jan Oblak setara dengan Navas. Tetapi jika dihitung jumlahnya masih kalah. Oblak telah memenangkan tiga trofi Zamora terakhir, yang merupakan penghargaan bagi para kiper di LaLiga dengan rekor statistik terbaik. Bukan sebuah kejutan untuk melihat kiper kelas dunia milik Atlético de Madrid ini tercantum dalam daftar ini. Kiper timnas Slovenia ini belum mampu menyelamatkan tiga penalti yang ia hadapi musim ini, namun ia berhasil menghentikan tiga penalti di musim lalu dan satu penalti musim sebelumnya. Di setiap kesempatan, aksi penyelamatannya membuat timnya meraih kemenangan.

4. YOEL RODRÍGUEZ (R. VALLADOLID)

7 penalti 2 save, 29% rasio kesuksesan

Kiper Penahan Tendangan Penalti Terbaik Di LaLiga
Yoel Rodriguez / Real Valladolid (Sumber: LaLiga Santander)

Valladolid adalah klub yang sangat beruntung. Seperti kiper utama mereka, Masip, kiper cadangan mereka Yoel juga merupakan kiper yang ahli dalam hal menyelamatkan penalti. Ia menyelamatkan dua dari tujuh penalti yang ia hadapi termasuk menhalau tembakan Lionel Messi saat ia bermain untuk Eibar dan satu dari Diego Costa ketika ia bermain untuk RC Celta.

5. NETO (VALENCIA CF)

11 penalti 3 save, 27% rasio kesuksesan

Kiper Penahan Tendangan Penalti Terbaik Di LaLiga
Neto / Valencia (Sumber: LaLiga Santander)

Neto Murara mungkin baru dua musim bermain di LaLiga Santander, namun ia sudah menghadapi 11 penalti ketika ia membela Valencia. Dalam catatan rekornya, ia berhasil menyelamatkan tiga penalti dengan baik. Satu penalti ia selamatkan di musim 2018/19, ketika ia berhasil menahan tendangan penalti dari sesama pemain Brasil, Willian José, dalam kemenangan 1-0 atas Real Sociedad. Ia juga sukses menahan tendangan penalti Aritz Aduriz (Athletic Club) dan Sergio León (Real Betis) di pertandingan yang masing-masing berakhir imbang dan kemenangan tahun lalu.

Komentari Artikel Ini