UEFA Beri Pernyataan Tentang Situasi Mkhitaryan Jelang Final Liga Europa

Arsenal memutuskan tak akan membawa Henrikh Mkhitaryan untuk menghindari masalah terkait ketegangan politik antara Armenia dan Azerbaijan.

Sepakbola.com, London – UEFA mengklaim telah menerima jaminan mengenai keselamatan Henrikh Mkhitaryan dari otoritas tertinggi di Azerbaijan jelang pertandingan Arsenal dengan Chelsea di final Liga Europa.

Badan pengatur sepak bola Eropa itu melakukan semua yang mereka bisa untuk mencegah playmaker The Gunners itu absen di pertandingan final. Namun pada akhirnya sang pemain tidak akan tampil di pertandingan tersebut.

Arsenal, setelah berdiskusi dengan pemain itu, memilih untuk mengecualikan Mkhitaryan dari partai perjalanan mereka. Keputusan itu dibuat sebagai hasil dari ketegangan politik antara Armenia dan Azerbaijan, yang telah memicu kekhawatiran atas keselamatan Mkhitaryan.

UEFA bersikeras bahwa mereka telah berusaha untuk mengklarifikasi masalah ini sebelum Arsenal melakukan perjalanan panjang ke Baku, tetapi dapat dipahami mengapa klub tersebut mengabaikan saran mereka.

Pernyataan UEFA berbunyi: “Bekerja bersama Arsenal FC, UEFA mencari dan menerima jaminan mengenai keselamatan pemain di Azerbaijan dari otoritas tertinggi di negara ini. Sebagai hasil dari jaminan ini, rencana keamanan komprehensif dikembangkan dan diberikan kepada klub. Dan meski klub mengakui upaya yang telah dilakukan UEFA dan pemerintah Azeri dalam masalah ini, kami menghormati keputusan pribadi mereka untuk tidak membawa sang pemain.”

Mkhitaryan tak ikut ke Baku

Arsenal telah mengatakan dalam pernyataan mereka sendiri di situs web resmi klub: “Kami dengan sangat kecewa mengumumkan bahwa Henrikh Mkhitaryan tidak akan ikut serta dengan skuat untuk final Liga Europa UEFA melawan Chelsea.”

“Kami telah secara menyeluruh mengeksplorasi semua opsi bagi Micki untuk menjadi bagian dari pasukan, tetapi setelah mendiskusikan hal ini dengan Micki dan keluarganya, kami secara kolektif sepakat bahwa ia tidak akan berada di perjalanan kami,” tambah pernyataan tersebut.

“Kami telah menulis kepada UEFA untuk mengungkapkan keprihatinan mendalam kami tentang situasi ini. Micki telah menjadi pemain kunci dalam perjalanan kami ke final sehingga ini merupakan kerugian besar bagi kami dari perspektif tim,” lanjut pernyataan Arsenal.

“Kami juga sangat sedih mengetahui seorang pemain akan absen di final Liga Europa dalam keadaan seperti ini, karena itu adalah sesuatu yang jarang terjadi dalam karier seorang pesepakbola. Micki akan terus menjadi bagian dari persiapan kami sampai kami berangkat ke Baku pada akhir pekan,” tutup pernyataan The Gunners. (Sumber: Goal, UEFA)

 

Penulis: Andrie Widyantoro

Komentari Artikel Ini