Unai Emery Ingin Tambah Koleksi Trofi Liga Europa

Sepakbola.com, London – Unai Emery ingin memenangkan Liga Europa untuk menambah koleksi di lemari trofi Arsenal, selain mengamankan tiket Liga Champions tentunya.

Setelah ditahan imbang 1-1 oleh Brighton akhir pekan lalu, harapan The Gunners untuk finis di empat besar Liga Premier sudah berakhir.

Itu artinya Emery harus memandu timnya meraih gelar Liga Europa, jika dia ingin menandai musim pertamanya dengan memimpin Arsenal kembali ke kompetisi klub elite di Benua Biru.

Emery kembali ke mantan klubnya, Valencia, untuk pertandingan leg kedua semifinal Liga Europa. The Gunners memenangkan pertandingan leg pertama dengan skor 3-1 di Emirates Stadium pekan lalu.

Pelatih berusia 47 tahun itu memenangkan tiga gelar Liga Europa berturut-turut selama waktunya di Sevilla. Ia mengaku bertekad untuk menorehkan kesuksesan itu bersama Arsenal.

PREDIKSI Valencia vs Arsenal: Waspada Kebangkitan di Mestalla

“Saya pertama kali berkompetisi untuk gelar ini di sini di Valencia ketika itu masih Piala UEFA dan merupakan gelar yang lebih rendah dari yang saya kira sekarang,” katanya.

“Sudah berkembang. Ini adalah gelar penting bagi semua tim yang tidak berada di Liga Champions, dan bagi sebagian orang yang masuk sebagai kesempatan kedua, seperti Valencia musim ini.

“Itu adalah titel yang mereka semua ingin menangkan. Masuk Liga Champions melalui Liga Eropa adalah hadiah yang adil. Saya telah melihat perubahan itu.

“Pertama kali saya memenangkannya dengan Sevilla, kami tidak mendapatkan akses Liga Champions; kedua kalinya, kami melakukannya.

“Ini adalah titel yang menarik dan semakin menarik: kami telah melihat Manchester United, Atletico, Sevilla melawan Liverpool.

“Tuntutannya tinggi dan semua orang menginginkannya, sebagai gelar, bukan hanya jalan ke Liga Champions.

“Di klub mana pun seperti Arsenal atau Valencia, gelar harus menjadi tujuan. Arsenal hanya memiliki dua gelar Eropa dalam sejarah mereka: Fairs Cup dan Winners Cup, bahkan kompetisi itu sudah tidak ada, jadi saya memiliki banyak ambisi untuk memenangkan gelar.”

Arsenal berpotensi bertemu Chelsea di final Liga Europa, tetapi The Blues tidak perlu lagi memenangkan turnamen untuk berkiprah di Liga Champions musim berikutnya karena sudah berhasil mengunci posisi empat besar Premier League.

Tak Ada Tekanan

Lebih lanjut Emery menegaskan dia tidak merasa ada tekanan tambahan untuk mempersembahkan gelar Liga Europa di Arsenal.

“Kami mulai dengan dua kemungkinan rute ke Liga Champions, satu melalui Liga Premier dan kedua melalui Liga Europa, dan kami berbicara tentang Liga Europa seperti itu satu gelar,” katanya.

“Kami ingin bermain untuk kemungkinan meraih gelar, dan kedua untuk Liga Champions. Kami tahu ini akan sulit dan kami selesai di Liga Premier, tidak ada kemungkinan, tetapi kami memiliki kemungkinan dalam kompetisi ini.

“Dengan ambisi besar, motivasi penuh, mental yang kuat, saya ingin menikmati permainan ini. Game seperti ini, tim tandang, tim yang sulit, untuk target penting semuanya positif bagi kami.

“Persaan tertekan bukan kondisi saya. Saya positif. Saya sangat menuntut diri saya sendiri dan memberikan mentalitas kepada pemain saya, kami ingin melakukan sesuatu yang penting. Saya tidak merasakan tekanan negatif.” (Sumber: Football London)

 

Penulis: Maulana Habibi
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini