[VIDEO] 5 Gol Tercepat Dalam Sejarah Premier League

Gol kilat 7,69 detik Shane Long ke gawang Watford di Vicarage Road menjadi gol tercepat dalam sejarah Premier League.

Sepakbola.com – Musim ini, Penyerang Southampton Shane Long mencatatkan diri sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah Premier League. Gol Long dalam laga Watford vs Southampton, April 2019 memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang pemain Tottenham Hotspur Ledley King yang telah betrahan selama 19 tahun.

Long mencetak gol dalam waktu 7,69 detik di Vicarage Road, kandang Watford untuk mempertajam rekor sebelumnya 9,82 detik yang dicatat King pada tahun 2000. Siapa saja pemain lain yang mencatat gol kilat di Liga Inggris? Berikut ini jawabannya.

5. Mark Viduka (Leeds United)

11,90 detik vs Charlton, Maret 2001

​Setelah kick-off pemain-pemain Leeds United langsung menekan ke jantung pertahanan Charlton Athletic. Umpan panjang ke area penalti Charlton diteruskan Alan Smith kepada Viduka, yang butuh dua sentuhan untuk membawa timnya unggul. Selain gol cepat babak pertama Leeds juga mencetak gol cepat dengan waktu 44 detik dari kick-off babak kedua.

4. Christian Eriksen

10,54 detik vs Manchester United, Januari 2018

Gol bermula dari kerjasama Harry Kane dan Dele Alli dari umpan lambung jauh pasca kick-off. Sundulan Kane menemui Alli di kotak penalti. Alli memberikan umpan ke belakang dan langsung di sambar dengan tendangan kaki kiri ​Christian Eriksen untuk menjebol gawang David De Gea. Gol Eriksen menjadi gol tercepat kedua dalam sejarah Spurs.

3. Alan Shearer (Newcastle United)

10,52 detik vs Manchester City, Januari 2003

Gol Alan Shearer berawal dari pressing yang ia lakukan menyusul kick-off yang dilakukan pemain lawan, Manchester City. Para pemain City melakukan umpan ke belakang hingga bola dikuasai kiper Carlo Nash. Nash sedikit salah perhitungan saat mengontrol jarak bola yang akan ditendang. Shearer memanfaatkan kecepatannya untuk memblok upaya tendangan Nash sebelum mengawangkan bola.

Nash yang berstatus kiper pelapis tampil melawan Newcastle United karena Peter Schmeichel, kiper City yang eks Manchester United, absen karena cedera.

2. Ledley King (Tottenham Hotspur)

9,82 detik vs Bradford City, December 2000

Gol Ledley King menjadi gol Premier League pertama yang dicetak kurang dari 10 detik. Gol kilat ke gawang Watford bermula dari serangan setelah kick-off yang dilakukan pemain-pemain Tottenham Hotspur. Ia melakukan upaya tendangan dari luar kotak penalti. Tembakan King tak terlalu kencang namun terdefleksi hingga membuat kiper sama sekali tak bereaksi.

Rekor gol tercepat Premier League milik King bertahan selama 19 tahun sebelum dipecahkan Shane Long.

1. Shane Long (Southampton)

7,69 detik vs Watford, April 2019

Shane Long memertajam rekor Ledley King dengan jarak lebih dari dua detik. Situasi gol Long hampir mirip dengan gol Shearer. Long dan Shearer sama-sama melakukan presing ketika bola kick-off diumpan ke belakang. Bedanya Long memberi tekanan pada bek Craig Cathcart sementara Shearer pada kiper.

Long berhasil memblok tendangan Cathcart sebelum menaklukkan kiper Ben Foster dengan tendangan chip yang brilian. Momen kilat yang sangat menakjubkan bagi fans.

Komentari Artikel Ini